DPR Aceh Akan Ganti Lambang Bendera Aceh

JAKARTA - Komisi II DPR RI terus memantau perkembangan pembahasan yang dilakukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), terkait dengan perubahan bendera Aceh yang sempat menuai kontroversi lantaran dianggap menyerupai bendera Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

"Ini proses lobi, pendekatan persuasif sedang dalam proses. Tapi sejauh yang saya pahami cukup optimis untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut," kata Wakil Ketua Komisi II DPR, Arif Wibowo di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (12/4/2013).

Diakui Anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan itu, ada hasil positif dari pembahasan yang dilakukan oleh DPRA, yakni adanya kemungkinan untuk melakukan perubahan logo bendera Aceh tersebut.

"Iya (akan mengganti lambang). Tapi kan belum definitif. Soal lambang, simbol sepanjang tidak menggunakan simbol sparatisme pada masa lalu. Itu kita harap dapat diterima," sambungnya.

Untuk saat ini, kata dia, yang terpenting adalah melakukan komunikasi intensif dengan masyarakat Aceh agar bersedia untuk menerima hasil dari pembahasan tersebut yang dipastikan tidak akan melanggar Undang-Undang (UU).

Selain itu, Arif juga menilai bahwa perubahan logo atau lambang yang ada dalam bendera tersebut merupakan solusi terbaik dari permasalahan ini.

"Yang terpenting sekarang adalah memberikan kesepahaman dan kesadaran bagi pemerintah, DPR Aceh dan rakyat Aceh," tutup Arif. (ydh)

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment