ORANGUTAN TEMUAN WARGA MANE AKHIRNYA MATI

Foto : Ampelsa
Banda Aceh, 31/10 (Antara) - Seekor orangutan yang ditangkap warna di Kecamatan Mane, Kabupaten Pidie Provinsi Aceh itu akhirnya mati dalam perjalanan dari Aceh menuju Sibolangit, Sumatera Utara. 
    
Orangutan itu diperkirakan mati dalam perjalanan antara kawasan Besitang-Sibolangit sekitar pukul 03.00 WIB pada Rabu (29/10)," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Amon Zamora di Banda Aceh, Kamis.
     
Ia menjelaskan, orangutan tersebut sebelumnya ditangkap oleh masyarakat karena dinilai dapat mengancam kesalamatan penduduk di Kecamatan Mane, kemudian dikurung di dalam kandang sapi.
     
Jadi orangutan itu kita ambil dari masyarakat dengan kondisinya yang lemah, kemudian tim kesehatan hewan BKSDA hendak membawanya ke Sibolangit guna mendapatkan perawatan medis," katanya menambahkan.
     
Dalam perjalanan sampai ke Besitang, Sumatera Utara, hewan dilindungi tersebut masih hidup meski kondisinya tetap lemah. 
     
Sementara sebelumnya, pemerhati Orangutan Aceh Ratno sugito, menjelaskan orangutan tersebut  ditemukan dan diamankan oleh masyarakat. Sebelumnya orangutan itu ditemukan oleh seorang warga desa yang akan pergi berkebun dan berjarak sekitar 50 meter dari rumah warga setempat.
     
Kondisi orangutan tersebut dalam keadaan lemas dengan luka disekitar pinggang serta lembam di lengan kiri. Cidera yang dialami diduga akibat proses penangkapan yang dilakukan warga.
      
Ratno sugito mengatakan  cidera yang dialami oleh orangutan tersebut diduga berasal dari proses penangkapan orangutan di luar SOP yang ada. Masyarakat memotong pohon karena posisi orangutan tersebut berada diatas pohon berduri dan sulit untuk di panjat.
      
Penangkapan itu  dilakukan karena letak orangutan  tepat di belakang rumah seorang warga  yang juga menjadi lintasan penduduk untuk pergi kekebun dan membuat masyarakat takut, kata dia menambahkan (Azhari)

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini