274 Mahasiswa UIN Ar Raniry Mengabdi di Aceh Besar

BANDA ACEH - Sebanyak 274 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry Banda Aceh menggelar Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) di Kecamatan Blang Bintang dan Krueng Barona Jaya, Kabupaten Aceh Besar.

"Mahasiswa peserta KPM ini secara akademik telah menyelesaikan segala tugas perkuliahan di Kampus, namun mereka selama di kampus hanya memperoleh teori saja, sedang praktiknya pada mata kuliah KPM yang langsung ditempatkan di desa-desa," kata Wakil Rektor II UIN Ar Raniry Drs. Luthfi Aunie, MA dalam siaran pers kepada Okezone, Senin (18/11/2013).

Dalam sambutannya saat penyerahan mahasiswa di Kantor Camat Krueng Barona Jaya, Luthfi berharap, keusyik (kepala desa) yang menerima mahasiswa KPM agar terus memberikan bimbingan, mengingat mereka masih sangat muda, baik dari umur maupun pengalamannya.

"Kami berharap kepada mahasiswa KPM jaga diri baik-baik dan jaga nama baik lembaga, di setiap daerah mempunyai tata karma dan adat budaya masing-masing, taati dan patuhi segala aturan yang berlaku, Insyaallah akan ada manfaatnya," ujarnya.

Ketua Pusat Pengabdian Masyarakat (P2M) Drs. M. Husein A. Wahab menyebutkan, jumlah peserta KPM mandiri tahun ini 274 orang; 101 orang ditempatkan di Krueng Barona Jaya dan 173 orang di Blang Bintang. Krueng Barona Jaya memiliki 12 desa dan Blang Bintang 26 desa.

"Setiap desa ditempatkan tujuh sampai delapan mahasiswa peserta KPM, mereka akan berada dilapangan selama 45 hari terhitung sejak 18 November,” katanya.

Camat Krueng Barona Jaya Drs. Busra mengatakan, bagi orang Aceh jika datangnya tamu maka artinya membawa berkah. “Kami dengan senang hati menerima mahasiswa KPM UIN Ar Raniry yang melaksanakan tugas pengabdian masyarakat,” sebutnya.

"Salah satu syarat berada di gampong (desa), terutama di Aceh adalah hadiri salat berjamaah di meunasah (surau), atau mengikuti kegiatan lainnya yang dilaksanakan di meunasah, maka itu 50 persen telah dinilai baik, serta mohon dibantu pada TPA dan kegiatan lainnya, itu akan menjadi tambahan," kata Busra. (ade)

Sumber: okezone.com
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini