6 WNA akan bermain ski di Cartens, Papua

Sentani (ANTARA News) - Sebanyak 6 warga negara asing (WNA) akan bermain ski di pegunungan es Cartens yang berada di Kabupaten Mimika, Papua.

Direktur PT. Adventure Cartens Maximus Tipagau mengatakan ke-6 WNA tersebut terdiri dari 4 warga Rusia dan 2 warga Amerika Serikat.

"Rencananya dalam dua minggu lagi akan tiba juga rombongan dari China yang terdiri dari 4 orang untuk ikut serta dalam permainan ski di Cartens," ujarnya kepada Antara di Sentani, Sabtu.

Menurutnya, dengan adanya warga negara asing yang bermain ski tersebut akan membuktikan pada publik bahwa Kabupaten Mimika khususnya di Timika aman.

"Hal tersebut akan mematahkan isu yang menyebutkan banyaknya OPM di Cartens dan mengganggu wisatawan asing yang datang berkunjung," tandasnya.

Maximus juga menuturkan bahwa selama ini pegunungan Cartens selalu dikunjungi oleh wisatawan asing. Wisatawan domestik yang datang hanyalah anggota pencinta alam saja.

"Dalam enam bulan terakhir tercatat 100 wisatawan asing yang berkunjung ke Cartens," katanya.

Lebih lanjut Maximus menjelaskan ke-6 WNA tersebut akan bermain ski selama seminggu dan hendak menaklukan puncak Cartens. Dimana bagi para pemain ski, terdapat empat puncak gunung es yang harus ditaklukkan yaitu puncak Soekarno, puncak Gapulu, puncak Jayawijaya dan puncak Cartens.

"Sebenarnya dengan banyaknya kunjungan wisatawan asing tersebut akan meningkatkan pula pendapatan daerah dan pendapatan masyarakat," urainya.

Ia menambahkan seorang turis yang hendak melakukan perjalanan ke Cartens harus merogoh kocehnya hingga Rp80 Juta dengan pendapatan bagi seorang potter yang membantu membawa barang sekitar Rp6 juta sekali angkut. 


antaranews.com
 
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini