Baitul Mal Aceh Salurkan Bantuan Anak Yatim

Banda Aceh, 18/11 (Antara) - Baitul Mal Aceh menyalurkan bantuan senilai Rp560 juta untuk membantu sebanyak 800 anak yatim di provinsi itu. 
     
"Bantuan yang disalurkan itu berupa peralatan sekolah, voucher belanja seragam sekolah masing-masing anak yatim memperoleh senilai Rp173 ribu, selain uang santunan Rp300ribu/anak," kata Kepala Baitul Mal Aceh Amiadi Musa di Banda Aceh, Senin.
      
Bantuan yang diberikan bersumber dari dana zakat senif Ibnu Sabil tahun 2013.Penerima bantuan berasal dari lima kecamatan di Kota Banda Aceh dan empat kecamatan di Aceh Besar.
      
Adapun kriteria penerima bantuan adalah anak yatim, piatu dan yatim piatu yang  berasal dari keluarga miskin dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala desa, dan berdomisili di wilayah Kota Banda Aceh dan Aceh Besar, masih aktif sekolah tingkat SD/SLTP, dan telah dinyatakan lulus tahapan verifikasi oleh amil Baitul Mal Aceh.
      
"Bantuan kepada anak yatim/piatu/yatim piatu miskin mulai dirintis Baitul Mal Aceh sejak tahun 2012. Dana zakat senif Ibnu Sabil 2012 yang disalurkan melalui program ini berjumlah Rp192 juta disalurkan kepada 480 anak," katanya menjelaskan. 
       
Sementara total penyaluran dana zakat periode 2012-2013 melalui program ini berjumlah Rp752 juta dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 1.280 anak. 
     
Dengan adanya program ini, Armiadi Musa mengharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar anak yatim/piati/yatim piatu dari keluarga miskin yang selama ini memiliki keterbatasan dalam memenuhi kebutuhan alat belajar. 
      
"Semoga penyerahan bantuan ini juga dapat memupuk rasa kasih sayang antara muzakki dan mustahik serta mengetuk hati lebih banyak hartawan di Aceh untuk menyalurkan zakatnya melalui badan amil resmi, yaitu Baitul Mal Aceh," kata dia menambahkan. (Azhari)



Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini