DISBUDPAR Banda Aceh Gelar "SEPEDA JELAJAH ALAM"

ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/Koz/pd/13.
Banda Aceh, 11/11 (Antara) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh menggelar event  tahunan "sepeda jelajah alam" sebagai upaya pemerintah mempromosikan dan menggalakkan kunjungan wisata di kota yang pernah luluh lantak diterjang tsunami pada 26 Desember 2004.
     
"Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada  30 November 2013 yang akan menempuh rute Banda Aceh-Kuta Malaka-Indrapuri, dengan jarak tempuh sekitar 50 kilometer," kata Kepala Disbudpar Kota Banda Aceh Reza Pahlevi di Banda Aceh, Senin.
      
Menurut dia, kegiatan tersebut sangat strategis memperkenalkan keindahan alam khususnya kepada penggemar sepeda terutama di Aceh Besar dan Kota Banda Aceh yang dari hari ke hari terus meningkat.
     
"Penggemar sepeda tidak hanya  suka menempuh track di jalan raya, tetapi juga banyak pesepeda yang suka melintasi jalur pedesaan bahkan alam pegunungan," katanya menambahkan.
      
Selain itu, Reza Pahlevi menyebutkan komunitas seperti tersebut sangat berkembang di seluruh Indonesia, dan tersebut  melatarbelakangi diselenggarakannya "Aceh Bike Cross Country", yang event ini juga bertujuan untuk mempromosikan wisata Aceh, khususnya Banda Aceh dan Aceh Besar.
     
Jadi event ini berbeda dengan Fun Bike yang dapat diikuti oleh berbagai jenis sepeda, karena "sepeda jelajah alam" banyak melewati rute berlumpur, menyeberangi sungai, dan rute berbatuan maka harus menggunakan sepeda yang sesuai dengan rute tersebut.
     
"Para peserta juga harus membekali dirinya dengan beberapa persiapan  karena akan menempuh jarak yang lumayan jauh yaitu sekitar  50 kilometer selain persiapan fisik juga harus mempersiapkan makanan kecil dan air minum serta peralatan untuk kerusakan sepeda," kata dia menjelaskan.
     
Oleh karenanya, Reza Pahlevi berharao  akan banyak komunitas yang turut serta, dan diharapkan ada peserta dari luar Aceh yang mendaftar, walaupun sebenarnya harus di batasi.
     
Panitia sebelumnya telah menetapkan hanya untuk 300 peserta. Kegiatan tersebut  merupakan kerjasama Disbudpar Banda Aceh dengan Kodim 0101 BS, City Gowes Club (CGC), Cahroad Aceh, serta akan melibatkan seluruh komunitas sepeda yang ada di Banda Aceh. (Azhari) 
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini