Hasnanda Putra : Kopi Aceh itu punya ciri khas tersendiri.

Acehinfo | Banda Aceh - Festival Kopi Aceh akan dibuka malam ini (22/11). Ajang tahunan ini akan diikuti oleh puluhan pengusaha kopi dari seluruh Aceh. Program Wisata Kopi ini merupakan salah satu kreatifitas dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh dalam melestarikan dan terus meningkatkan popularitas kopi Aceh yang saat ini semakin dikenal oleh peminat kopi nasional bahkan internasional.

“Bukan hanya secara nasional, kopi Aceh telah terkenal sampai ke Eropa” jelas Hasnanda Putra, ST.MMT, Kepala Bidang Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh saat diwawancarai oleh AJNN.  Hasnanda berharap dengan adanya program ini dapat terus meningkatkan produktifitas dan kesejahteraan petani kopi Aceh.

“Jika kita berbicara Kopi, Kopi Aceh itu punya ciri khas tersendiri. Semua orang baik diluar daerah maupun diluar negeri mengenal kopi kita dengan nama Kopi Aceh, bukan kopi arabika, bukan kopi robusta” tutur pria kelahiran tangse 1978 ini yang juga punya segudang pengetahuan dalam sejarah dan kebudayaan Aceh.

Festival Kopi ini merupakan salah satu ide kreatif Hasnanda yang juga merupakan ketua KNPI Kota Banda Aceh. Diusianya yang masih tergolong muda, Hasnanda merupakan salah satu Pegawai Negeri Sipil yang punya segudang prestasi, kreatifitas dan pengetahuan dalam sejarah dan kebudayaan Aceh. Sikap kepedulian terhadap sejarah dan kebudayaan aceh yang dibalut dengan analisa potensi wisata dan kesempatan peningkatan produktifitas masyarakat inilah yang tidak dimiliki oleh pegawai pemerintahanl lainnya.

Semangat pemuda yang juga mengagumi sosok Sultan Alaidin Ali Mughaiyat Syah ini patut diacungi jempol. Keinginannya untuk kembali memugar beberapa situs sejarah Aceh yang luar biasa, seperti keberadaan Kampung Pande yang baru belakangan ini menjadi perhatian setelah diitemukannya koin-koin emas dirham dan sepasang Pedang VOC. “Jika dulu kita bilang gampong pande itu sebuah kota besar, orang tidak akan percaya” ujar hasnanda. (viz)
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini