KARIMUN WAGON R, Mobil SUPER yang Ramah Lingkungan dengan Harga Terjangkau dari Suzuki

Photo By : Apeace
Acehinfo.com | Banda Aceh - Setelah memperkenalkan kandidat produk Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Energi & Harga Terjangkau (KBH2)/ Low Cost Green car (LCGC) kepada publik pada gelaran otomotif akbar ”The 21st Indonesia International Motor Show (IIMS)” pada tanggal 19 September 2013 lalu, PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) kini resmi meluncurkan KARIMUN WAGON R, sebagai bentuk komitmennya dalam  mendukung program pemerintah mengenai mobil ramah lingkungan yang hemat energi dengan harga terjangkau. 

KARIMUN WAGON R hadir untuk menyelaraskan antara kebutuhan transportasi yang multiguna, gaya hidup dengan kepedulian lingkungan hidup, serta untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan perjalanan masyarakat modern Indonesia pada saat melakukan aktifitas sehari-hari. Dengan platform compact MPV, menjadikan KARIMUN WAGON R sebagai kendaraan kompak sekaligus multi purpose yang nyaman dan lega. 

KARIMUN WAGON R, merupakan jawaban bagi masyarakat Indonesia sebagai kendaraan dengan memiliki unsur SUPER (Spacious, Useful, Practical, Efficient, Reasonable) yang mengerti akan kebutuhan keluarga modern Indonesia dan selaras dengan tagline dari KARIMUN WAGON R, yaitu  ”Lebih dari cukup”.

Untuk menunjang performanya, KARIMUN WAGON R menggunakan mesin generasi terbaru K10B, DOHC yang ringan dan bertenaga dengan mesin berkapasitas 998 cc, 12 valve dengan 3 silinder bertenaga 68 PS/ 6,200rpm dan torsi 90Nm sehingga membuat mobil ini lebih bertenaga, serta ditunjang oleh transmisi manual 5-percepatan.

KARIMUN WAGON R memiliki ciri khas pada sisi eksteriornya yakni dilengkapi dengan lampu utama (60/55W) yang multi reflektor dengan Blue Eyes berdesain modern dan mewah, cahaya lebih terang, fokus dan jangkauan lebih luas. Serta adanya logo burung Garuda yang disematkan di grill depan mobil sebagai bukti keseriusan Suzuki di pasar Indonesia dan menunjukkan identitas sebagai produk mobil KBH2 yang membawa citra dan kebanggaan. 

Selain itu, mobil ini dilengkapi dengan aspek keamanan/ security yang memadai seperti fitur Immobilizer merupakan sistem manajemen mesin di dalam ECU (Electronic Control Unit/ komputer yang mengatur sistem mobil) yang dapat mengenali sinyal yang dikirimkan dari kunci, memiliki fitur Keyless Entry (tipe GX), serta dilengkapi aspek keselamatan/ safety, seperti Safety Belt serta terdapat fitur Child Proof Door Lock.

KARIMUN WAGON R diluncurkan dengan 3 (tiga) tipe, yaitu Karimun Wagon R-GX, Karimun Wagon R-GL dan Karimun Wagon R-GA.

Karimun Wagon R-GX
Dilengkapi dengan Air Conditioner, 2 Din car audio & 4 speakers, Security Alarm, Keyless entry, Immobilizer, Roof Rails, Alloy Wheel, Electric Window Central Locking, Seat Under Tray dan memiliki 8 pilihan warna menarik yaitu Lagoon Turquoise 3, Splash Green 2, Silky Silver, Cool Black, Pearl White, Radiant Red, Graphite Grey dan Burgundy Red.

Karimun Wagon R-GL
Dilengkapi dengan Air Conditioner, 1 Din car audio & 2 speakers, Immobilizer, Roof Rails, Alloy Wheel, Electric Window Central Locking dan memiliki 7 pilihan warna yaitu Lagoon Turquoise 3, Splash Green, 2 Silky Silver, Cool Black, Radiant Red, Graphite Grey dan Burgundy Red.

Karimun Wagon R-GA
Dilengkapi dengan Air Conditioner, Immobilizer dan memiliki 4 pilihan warna yaitu Silky Silver, Cool Black, Radiant Red dan Graphite Grey.


Fitur- fitur KARIMUN WAGON R

KARIMUN WAGON R dilengkapi dengan beberapa fitur-fitur andalan yang mengandung unsur SUPER (Spacious, Useful, Practical, Efficient, Reasonable), seperti;

SPACIOUS
KARIMUN WAGON R meskipun memiliki bodi yang kompak, bentuknya yang persegi memberikan interior lega (head room & leg room) yang dapat memuat 5 penumpang sekaligus di dalam mobil. Posisi pengemudi yang tinggi memberikan pengemudi posisi pandang yang tinggi sehingga memberikan kemudahan bagi pengemudi untuk berkendara secara nyaman dan mudah melihat arah jalan. Posisi tempat duduk setinggi 710 mm dari permukaan membuat para pengguna KARIMUN WAGON R mudah untuk diduduki, serta dilengkapi dengan pintu yang dapat membuka selebar 77 derajat membuat proses keluar masuk menjadi lebih mudah. Tidak hanya itu, mobil ini memiliki bagasi yang luas dimana dapat diperluas dengan melipat jok belakang untuk menyimpan barang yang lebih panjang. Dengan ruang bagasi yang bisa dibuka lebar dan jarak bagasi 725 mm dari tanah, bawaan yang berat hanya membutuhkan sedikit tenaga untuk diangkat ke dalam kendaraan.

USEFUL
Memiliki desain body yang kompak, membuat KARIMUN WAGON R mudah untuk dikendarai kemanapun tanpa kesulitan, terutama saat melewati jalan yang sempit bahkan saat pengemudi memakirkan kendaraannya di tempat parkir. 

PRACTICAL
Di sisi interior, kursi belakang mobil KARIMUN WAGON R dapat dilipat sehingga dapat membawa barang lebih banyak dan lebih panjang. Selain itu, terdapat under seat tray/ nampan yang terletak dibawah tempat duduk penumpang depan sehingga lebih aman untuk menyimpan barang saat parkir. Sebagai tambahan, mobil ini memiliki total 11 kompartemen multifungsi di dalam kabin yang mudah dijangkau. Sehingga wajar apabila mobil ini memenuhi kriteria sebagai kendaraan multifungsi yang lengkap.

EFFICIENT
KARIMUN WAGON R menggunakan mesin generasi terbaru yaitu K10B berkapasitas 998cc, DOHC yang ringan dan bertenaga, Multi Point Injection serta Penggerak Roda Depan. Metal Timing Chain dimana mesin digerakkan dengan rantai besi yang menekan biaya perawatan yang lebih murah dan tahan lama dibanding berbahan belt karet. Tidak hanya itu, mesin mobil ini dilengkapi dengan Intake Manifold berbahan plastik yang dapat meminimalisir penguapan bahan bakar dari radiasi mesin dan ditunjang bahan yang terbuat dari plastik sehingga membuat bobot mesin lebih ringan dan menghasilkan bahan bakar yang lebih efisien serta mesin lebih responsif. Selain itu untuk mendapatkan efisiensi bahan bakar yang maksimal, KARIMUN WAGON R dilengkapi dengan Gear Shift Indicator yang memudahkan pengemudi untuk memindahkan gigi perseneling.

REASONABLE
Dengan banyaknya fitur yang dimiliki oleh KARIMUN WAGON R, namun harganya terjangkau sehingga membuat mobil ini sungguh lebih dari cukup.

Seluruh fitur tersebut diatas menjadikan KARIMUN WAGON R sebagai kendaraan SUPER yang unggul di kelasnya dan ditunjang dengan perawatannya yang mudah dan murah. Untuk memperolehnya, KARIMUN WAGON R dipasarkan dengan harga On The Road (OTR) untuk wilayah Aceh, adalah Karimun Wagon R - GA: Rp. 89.000.000,- , Karimun Wagon R - GL: Rp. 102.500.000,- , dan Karimun Wagon R - GX: Rp. 112.500.000,-.


Eksistensi KARIMUN di Indonesia & WAGON R di Jepang

Bukan tanpa alasan, Suzuki memilih nama KARIMUN WAGON R untuk produk KBH2 nya yaitu sebagai refleksi reputasi keberhasilan Suzuki Karimun & Wagon R selama ini. Dengan dilatar belakangi oleh keberhasilan produk Karimun ’merebut’ pasar otomotif Indonesia di kelas city car dan juga keberhasilan penjualan produk Wagon R di manca negara khususnya di Jepang. Hal ini dibuktikan sejak awal diluncurkannya pada tanggal 9 September 1999 silam , keberadaannya selama 8 tahun hingga 2006, Karimun mampu memimpin pasar di kelasnya. Kemudian dikembangkan dan dipasarkan Karimun Estilo (4 silinder) mulai tahun 2007 hingga 2009 untuk melanjutkan kesuksesan Karimun sebelumnya. Di tahun 2010 hingga 2012 dipasarkanlah Karimun New Estilo (3 silinder) sebagai generasi baru KARIMUN.  

Nama Wagon R digunakan karena Karimun Wagon R mengadopsi konsep disain Suzuki Wagon R yang sukses di Jepang yaitu Kabin yang lega, Konsumsi bahan bakar yang efisien, ke-multifungsi-an dan harga terjangkau.

Total penjualan produk seri KARIMUN sejak diluncurkannya tahun 1999 hingga 2013 telah mencapai angka sebesar 48.619 unit. Hal ini membuktikan Karimun dapat diterima di pasar Indonesia dengan baik sehingga membawa brand Suzuki menjadi kepercayaan masyarakat Indonesia.

Sedangkan produk WAGON R, diawal peluncurannya pada tahun 1993 silam di Jepang, telah diterima dan diakui oleh pasar Jepang atas fitur – fitur kenyamanan interior dan daya angkut dengan dibuktikan oleh penjualannya yang cukup gemilang. Total penjualan Wagon R di Jepang dalam kurun waktu 20 tahun (1993 - 2013), berhasil mencapai 4 juta unit. Tidak hanya di Jepang, popularitasnya juga diraih di Eropa, India, dan Cina, hingga saat ini total akumulasi penjualan global mencapai 6,4 juta unit.

Penghargaan KARIMUN 

Eksistensi KARIMUN di Indonesia sudah terbukti, dengan diraihnya berbagai penghargaan bergengsi baik nasional maupun internasional, diantaranya: di tahun 2006 mendapatkan gelar ’Indonesian Customer Satisfaction Award untuk kategori City Car’, predikat ’The Economical City Car – Liga Irit’ dari Majalah Auro Bild Indonesia (2007), ’The Most Favourite City Car’ dari Majalah Autocar Indonesia (2008 & 2009), dan ’Small Car of The Year 2009’ oleh Top Gear Indonesia (2009). Tidak hanya itu, KARIMUN juga memperoleh penghargaan internasional, seperti ’Frost & Sullivan ASEAN Automotive Awards kategori ’Best Value for Money Model of the Year – ASEAN’ tahun 2008.

Selain KARIMUN, WAGON R juga memenangkan penghargaan bergengsi di Jepang seperti RJC (Automotive Researchers' and Journalists' Conference of Japan) Car of the Year dan Good Design Award. Tidak hanya Jepang, mobil ini juga telah memenangkan beberapa penghargaan, seperti ’ET ZigWheels Awards – Best Entry Level Mini Car of the Year’ di India pada tahun 2010  . 

Bahkan bahwa sebelum resmi diluncurkan di Indonesia, KARIMUN WAGON R telah meraih penghargaan ’New Wave Clarification Award 2013’ dari Markplus Marketeer & Markplus Insight pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013.

Karena reputasi yang baik dan sambutan positif dari pelanggan Suzuki, maka Suzuki Indonesia meluncurkan KARIMUN WAGON R sebagai produk dalam program pemerintah KBH2 di Indonesia.

Peluncuran KARIMUN WAGON R

KARIMUN WAGON R resmi diluncurkan oleh PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada tanggal 11 November 2013. Acara peluncuran KARIMUN WAGON R secara nasional (National Launching) disiarkan di stasiun televisi, TRANS TV secara langsung/ live pada tanggal 10 November 2013. National Launching serentak dilakukan pada tanggal 11 November 2013 di kota - kota wilayah Indonesia dan diikuti dengan exhibition/ pameran* KARIMUN WAGON R yang disebut ”Karimun Wagon R Super Show” (*exhibition/ pameran di luar wilayah Jabodetabek, waktu penyelenggaraannya berbeda – beda) 

Untuk kota Banda Aceh dan Sekitarnya akan diadakan exhibition/ pameran KARIMUN WAGON pada tanggal 27 November hingga 1 Oktober 2013. Dengan bertajuk tema exhibition/ pameran ‘Karimun Wagon R: SUPER SHOW’, PT. Armada Banda Jaya mengadakan berbagai program & aktifitas acara yang seru dan menarik, seperti; Games, hiburan musik, menampilkan unit display  KARIMUN WAGON R dan test drive bagi pengunjung mall & exhibition yang ingin melihat dan merasakan performa dan kenyamanan mobil ini secara langsung. Khusus tanggal 30 November 2013, akan ada acara Special Show dari Liza Aulia.

Dengan diluncurkannya model baru Karimun, yakni KARIMUN WAGON R, merupakan bentuk komitmen dari Suzuki Indonesia yang selama lebih dari 40 tahun telah dikenal sebagai salah satu brand automotif besar di Indonesia dengan mengacu pada slogan global ”Suzuki Way of Life” yang merefleksikan komitmen Suzuki untuk terus berusaha menghasilkan 4 elemen yaitu Spirit, Straightforward, Sporty dan Value yang menjadi dasar dan memperkuat primary brand image Suzuki sebagai brand otomotif yang unggul di Indonesia; dalam menjawab tantangan industri kendaraan roda empat kedepannya.

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini