Kodam Iskandar Muda Tanam 902.500 Pohon

Banda Aceh,  21/11 (Antara) - Kodam Iskandar Muda dan jajarannya dipercayakan menanam pohon sebanyak 902.500 pohon yang akan dilaksanakan di sembilan markas Komando distrik militer (Kodim) di Provinsi Aceh. 
     
"Penanaman hampir satu juta pohon itu, Kodam Iskandar Muda bekerja sama dengan PT Pertamina. Jumlah itu  akan terus ditambah dan dilakukan menyebar ke seluruh wilayah di jajaran Kodam Iskandar Muda," kata Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Pandu Wibowo di Aceh Besar, Kamis.
       
Pangdam mengatakan semakin meningkatnya kerusakan hutan, lahan  dan lingkungan yang  terjadi  akhir-akhir ini  diakibatkan adanya pembalakan liar, kebakaran hutan dan berbagai ulah oknum yang tidak bertanggung jawab, termasuk di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.
       
Karenanya, Kodam Iskandar Muda bersama-sama dengan Pertamina, Pemerintah Provinsi Aceh dan masyarakat melaksanakan penanaman pohon sebagai wujud nyata kepedulian dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan hidup. 
      
"Program menanam pohon merupakan kegiatan yang penting dalam upaya mengantisipasi perubahan iklim, degradasi hutan dan lahan serta kerusakan lingkungan, di samping perannya sebagai penampung ketersediaan air," kata Pandu menambahkan.
      
Ia juga mengajak seluruh komponen masyarakat agar bersatu padu menyelamatkan bumi, khususnya provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa tersebut dari ancaman bencana alam yang sulit diprediksi kapan datangnya.
       
"Juga sekaligus kita menyosialisasikan program menabung pohon dan mengajak seluruh warga untuk peduli dan cinta lingkungan hidup, sehingga timbul budaya sadar lingkungan pada masing-masing individu di wilayah ini," kata Mayjen Pnadu Wibowo.
       
Pangdam juga mengajak semua pihak untuk perkuat kemitraan dan koordinasi yang harmonis antara Kodam Iskandar Muda dengan Pemerintah  Aceh serta komponen bangsa yang lain agar apa yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar serta dapat memberikan manfaat besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 
       
Ia juga menyatakan, bersama jajarannya maka Kodam Iskandar Muda sangat mendukung program penghijauan di Aceh.
       
Sementara Marketing Branch Manager Aceh PT Pertamina  Aribawa mengatakan kegiatan menabung 20 juta pohon secara serentak di seluruh wilayah Indonesia itu merupakan bagian dari gerakan menabung 100 juta pohon yang menunjukan komitmen tinggi perusahaan terhadap upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup sekaligus menumbuhkan peluang bernilai ekonomi bagi masyarakat.
       
Pertamina mencanangkan gerakan menabung 100 juta pohon sejak 2012 dan ditargetkan tuntas pada 2015. Total pohon tertanam yang telah terverifikasi  mencapai 48 juta pohon (diluar 20 juta pohon kerjasama Pertamina dan TNI-AD) diakhir tahun diperkirakan bisa mencapai 75,3 juta pohon, katanya menyebutkan.(Azhari)

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini