Komisi I rencanakan ke Rusia bertemu Snowden

Tantowi Yahya (FOTO ANTARA)
Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi I DPR RI Tantowi Yahya mengatakan, komisi tersebut berencana melakukan kunjungan ke Rusia untuk menemui Edward Snowden guna menggali informasi lebih lanjut mengenai penyadapan yang dilakukan Amerika dan Australia terhadap beberapa pejabat Indonesia.

"Ketika akses kepada Edward Snowden itu bisa kita dapatkan dan jadwalnya sudah didapatkan maka Komisi I akan mengirimkan delegasi untuk bertemu Snowden di Moskow," kata Tantowi saat ditemui di Gedung Nusantara II di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, untuk rencana kunjungan ke Rusia itu, Komisi I DPR masih menjajaki terlebih dahulu informasi-informasi dari Kedutaan Besar Indonesia di Moskow, maupun dari Kedutaan Besar Rusia yang ada di Jakarta.

Namun, Tantowi juga mengatakan Komisi I belum membahas lebih jauh mengenai jumlah delegasi yang akan dikirimkan dan siapa saja yang siap untuk berangkat ke Rusia.

"Kami belum membahas berapa orang yang akan berangkat dan siapa yang siap berangkat. Namun, yang jelas bila kami mendapat lampu hijau, barulah kami mengirim delegasi untuk berbicara langsung dengan Snowden," ujarnya.

Ia berharap setelah terjadi pertemuan antara delegasi Komisi I dengan Snowden, nantinya akan diperoleh data-data baru mengenai penyadapan yang dilakukan oleh Australia dan Amerika.

"Karena bisa saja informasi yang disebarkan oleh Snowden itu belum semuanya. Kan kita tahu informasi yang disampaikan Snowden itu tercicil sedikit-sedikit," katanya.

Terkait anggaran untuk kunjungan ke Rusia, Anggota Komisi I dari Fraksi Partai Golkar itu mengatakan bila tidak ada anggaran dari Komisi I, Fraksi Partai Golkar akan mengirimkan beberapa anggota Komisi I untuk bertemu Snowden.

"Jadi, kami dari Fraksi Golkar tidak tergantung dengan anggaran dari Komisi I," ujarnya.




Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Fitri Supratiwi
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini