Lahir Pulau Baru, Daratan Jepang Bertambah


Tokyo - Bukan hanya manusia, pulau pun bisa lahir, muncul ke permukaan bumi dan jadi gunjingan banyak orang Jepang saat ini baik di facebook, Twitter dan jaringan sosial lainnya. Ada gejala apa ya saat begini muncul pulau baru, ungkap para warga Jepang.

Pulau baru tersebut diidentifikasi di sekitar Nishinoshima di Kepulauan Ogasawara , tanggal 20 November difoto oleh Satuan Penjaga Pantai Jepang (kaijohoancho) dan juga melakukan penelitian hingga hari ini. Demikian peliputan langsung Tribunnews.com, Kamis (21/11/2013).

Pulau baru itu dengan diameter yang muncul ke permukaan sekitar 200 meter di daerah selatan - tenggara dari Kepulauan Ogasawara. Dari kepulauan Ogasawara berjarak sekitar 500 meter dan 130 meter dari Pulau Chichi(jima). Telah membentuk bulu-bulu hitam. Penjaga pantai Jepang (Japan Coast Guard) telah memutuskan untuk memantau terus status pulau  tersebut dengan mengirimkan pesawat termasuk para ahli untuk menyelidiki lebih lanjut.

Ahli badan meteorologi, Koji Yamamoto mengatakan, "Ini mungkin bisa pulau baru sekarang, tapi belum tentu keadaan bisa seperti itu terus kalau melihat di peta. Jadi harus kita monitor terus."

Perubahan warna air laut telah dikonfirmasi  di dekat Nishinoshima. Saat ini Badan Meteorologi Jepang juga menganalisis untuk status aktivitas vulkaniknya.

Pembentukan ini terjadi kemarin terjadi dengan ledakan dan asap 1.000 meter terlihat  hingga kini, memunculkan pulau yang baru. Kejadian pertama sejak tahun 1973 munculnya ledakan vulkanik dan gempa di Jepang dari tempat yang sama.

Belum ada nama dari pulau baru tersebut. Dari Tokyo ke pulau baru tersebut ke selatan kira-kira 1000 kilometer. Di Jepang saat ini tercatat ada 6.852 pulau. Mungkin menjadi pulau yang ke 6.853 kata para ahli. Masih terus dalam pengamatan oleh para ahli sampai kini.

Sekretaris Kabinet Yoshide Suga mengomentari, "Senang sekali tentu kalau luas daratan Jepang tambah besar bukan?"

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo, Jepang

Sumber: Tribunnews.com
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini