LEGISLATOR: Aceh Selatan Berpotensi Jadi Lumbung Jagung

Banda Aceh, 8/11 (Antara) - Anggota DPR RI asal daerah pemilihan Aceh Teuku Riefky Harsya menilai Kabupaten Aceh Selatan berpotensi sebagai lumbung jagung nasional dikarenakan struktur tanahnya yang subur dan cocok untuk tanaman tersebut.

Dengan adanya bantuan peralatan ini maka kedepan saya berharap dapat meningkatkan produksinya, sehingga bisa menjadikan Aceh Selatan sebagai lumbung produksi jagung untuk kebutuhan nasional," katanya di Aceh Selatan, Jumat.

Hal tersebut disampaikan disela-sela panen raya jagung 2013 bersama ratusan warga Desa Ruwak,  Kecamatan Kluet Utara, Aceh Selatan. Panen raya jagung itu juga dihadiri Wakil Bupati Aceh Selatan Kamarsyah.

Panen raya jagung dengan area seluas 60 hektare itu dalam rangka sosialisasi disemanisasi teknologi spesifik lokasi (speklok) yaitu teknologi untuk masyarakat petani.

Bantuan kepada petani jagung Kluet Utara yang diberikan bersama pihak Kementerian Riset dan Teknologi itu berupa enam unit mesin pemipil jagung, tiga  unit mesin perontok padi dan dua unit handraktor.

Produksi jagung di Aceh Selatan ini termasuk lima besar di Indonesia. Kita  berharap kedepan Aceh selatan menjadi produksi jagung terbesar di seluruh Indonesia," kata Riefky Harsya menambahkan.

Politisi Partai Demokrat itu juga menambahkan jika PLTU Nagan Raya (Aceh) telah beroperasi maka para investor akan berminat melakukan investasi di provinsi ini terutama Aceh Selatan, sehingga dapat berdampak terciptanya lapangan pekerjaan baru.

Insya Allah,  PLTU Nagan Raya akan selesai untuk memenuhi infrastruktur energi listrik di Aceh. Kami akan mendorong Investor untuk berinvestasi di Aceh khususnya di Aceh Selatan, demi terciptanya lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat seperti pembangunan pabrik pakan ternak, " kata dia menjelaskan.

Sementara itu Wakil Bupati Aceh Selatan Kamarsyah berharap Pemerintah Pusat melalui berbagai kementerian terkait agar memperhatikan dan memberikan bantuan kepada para petani khususnya di daerah penghasil pala terbesar di provinsi berpenduduk sekitar 5 juta jiwa tersebut.

Kami juga berterima kasih kepada pemerintah, terutama Teuku Riefky yang kerap memperhatikan aspirasi dan kebutuhan masyarakat Aceh, khususnya Aceh Selatan," katanya menambahkan.

Selain Aceh Selatan, Riefky juga menyalurkan bantuan berupa dua unit pemipil jagung untuk petani  Aceh Tenggara, dan seunit di Kota Subulussalam. Kemudian dua unit mesin perontok padi untuk petani Aceh Besar, satu di Pidie. Selanjutnya handtraktor kepada petani Aceh Besar dan Kota Subulussalam masing-masing satu unit.(Azhari)
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini