NASIR DJAMIL : LAPOR JIKA ADA KELUHAN DALAM RUTAN

Banda Aceh, 18/11 (Antara) - Anggota Komisi III DPR RI HM Nasir Djamil menyatakan
pihaknya siap menerima laporan terkait berbagai masalah atau keluhan para narapidana di
rumah tahanan maupun lembaga pemasyarakatan, seperti dilaporkan sejumlah napi di
rutan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar.

    
 "Jika ada keluhan atau kejanggalan dialami narapidana akan saya sampaikan kepada para pimpinan, termasuk mungkin ada proses hukum di kepolisian yang diperkirakan janggal maka kita minta dilaporkan," katanya di Banda Aceh, Senin.
      
Hal tersebut juga disampaikan disela-sela mengunjungi rutan narapidana perempuan di Kabupetan Aceh Besar.  
      
Ia juga berharap para narapidana yang mungkin dalam vonis hukum tidak

mencerminkan keadilan bagi pencari keadilan maka pihaknya akan menyampaikan kepada pihak terkait di pemerintahan.
      
"Ada proses peraturan perundang-undangan yang belum selesai sehingga kadang- kadang penegak hukum agak sewenang-wenang menahan seseorang atau menjatuhkan pasal pidana saat proses penyidikan," katanya menjelaskan.
      
Hal tersebut dikarenakan juga hingga kini masih ada korban yang tidak mendapatkan pendampingan dari penasehat hukum dalam proses penyelidikan sampai peradilan, kata politisi Partai Keadilan Sejahtera itu.

      
Di rutan Lhoknga, Nasir Djamil menjumpai seorang narapidana kasus korupsi diPemkab Aceh Tamiang berinisial UK dengan hukuman 1,5 tahun kunjungan penjara. Kepada Nasir Djamil, UK mengeluh karena vonis pengadilan hanya dia yang dihukum, Sementara atasan tempatnya bekerja lolos.       

 “Atasan saya  yang memerintahkan, Sementara yang bersangkutan bebas," katanya mengeluhkan kasus hukum tersebut.
       
Dipihak lain, Nasir Djamil mengatakan pihaknya menemui banyak perubahan di rutan Lhoknga dibandingkan beberapa tahun silam. "Rutan ini sudah tertata dengan baik, sudah tampak rutannya. Air bersihnya juga sudah bagus, ada penghijauan, dan pengamanan. Ini sudah layak menjadi rutan,," kata dia menambahkan. (Azhari)

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini