Pemprov Sumut Agar Gandeng Swasta Kelola Inalum

Medan ( Berita ) :  Pemerintah Provinsi Sumatera Utara diharapkan menggandeng pihak swasta untuk mengelola PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) yang telah berakhir kontraknya dengan konsorsium perusahaan Jepang.

Dengan keterlibatan pihak swasta, Pemprov Sumut dan 10 kabupaten/kota di sekitar kawasan pengelolaan memiliki daya tawar dan daya saing yang lebih besar sehingga mampu mendapatkan persentase saham yang lebih besar. Keterlibatan pihak swasta itu sangat diperbolehkan. “Pemerintah pusat saja boleh pinjam keluar (negeri),” katanya.

Ia mengatakan, penguasaan penuh terhadap pengelolaan Inalum tersebut juga akan memberikan keuntungan lebih besar dalam mengatasi krisis energi listrik di Sumut. Jika pengelolaannya dilakukan Pemprov Sumut dan 10 kabupaten/kota, distribusi daya listrik Inalum yang selama ini berlebih mudah dilakukan. “Selama ini, kita terkesan ‘mengemis’ meminta daya (ke Inalum),” kata Ajib.

Namun, kata Ketua DPD Partai Golkar Sumut itu, Pemprov Sumut harus selektif dalam menentukan pihak swasta yang akan dilibatkan dalam pengelolaan Inalum tersebut.

Selain memiliki kemampuan dana yang besar dan kemampuan pengelolaan, pihak swasta tersebut juga mampu membagi keuntungan dengan adil untuk pembangunan di provinsi itu. “Swastanya siapa saja boleh asalkan menguntungkan Sumut dan warganya,” kata Ajib.

Untuk memperlancar rencana dalam mengambil hak dari Inalum itu, pihaknya mengharapkan Pemprov Sumut dapat melibatkan DPRD Sumut yang merupakan representasi aspirasi masyarakat. (ant )
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini