Pertamina AEP Akan Tertibkan Sumur Ilegal di Aceh Timur

Sumur Minyak Tua di Aceh Timur Semburkan Api/AtjehToday.com
Jakarta - Operasi penertiban kegiatan pengeboran minyak ilegal akan segera digelar oleh PT Pertamina EP. Hal ini menyusul terjadinya peristiwa kebakaran di Rantau Panjang, Peureulak, Aceh Timur pada 14 November 2013 kemarin.

Manajer Humas Pertamina EP Agus Amperianto mengatakan lokasi pengeboran dan kebakaran itu berada di area milik Pertamina.

"Pertamina EP merasa perlu untuk menertibkan dan bertindak tegas atas perilaku okupasi wilayah yang dilakukan oleh oknum masyarakat," kata Agus di Jakarta, Minggu (17/11).

Agus mensinyalir kegiatan pengeboran ilegal itu didanai oleh oknum penadah yang mengambil keuntungan pribadi atau kelompok, tanpa menaruh simpati kepada masyarakat dan lingkungannya. Oleh sebab itu, pihaknya akan melibatkan aparat keamanan dalam operasi penertiban tersebut.

Lebih lanjut Agus menerangkan kronologis peristiwa kebakaran yang terjadi pada 14 November kemarin.

Sekitar pukul 18.00, masyarakat yang telah beberapa hari melakukan pengeboran berhasil mengeluarkan semburan minyak mentah. Minyak tersebut kemudian di kumpulkan kedalam drum tapi ada sebagian yang menyembur ke sekitar areal Pengeboran ilegal.

"Minyak mentah yang keluar bercampur dengan gas. Sekitar pukul 21.40 terjadi kebakaran di tempat pengeboran tersebut yang di timbulkan dari api rokok dari para pekerja ilegal," ujarnya.

Agus menyebut enam orang dilarikan ke rumah sakit IDI, Aceh Timur. Mereka menderita luka bakar hingga 50 persen akibat peristiwa itu.

Enam orang itu yakni Ridwan umur 25 tahun warga desa Tanjung Tualang Kec.Rantau Perlak, Ramlan Umur 32 tahun warga desa Matai Kec. Ranto Perlak, Wagiman 65 tahun warga desa Matai Kec.Rantau Perlak, Riski Ramandan 12 tahun warga desa Matai Kec.rantau perlak, Abdullah Surya syahfutra 14 tahun warga desa Matai Kec.Rantao Peurlak, Dedi Maulana 23 tahun warga desa Punti Panjang Kec.Ranto Perlak serta Zini 35 tahun warga desa Bukit Pala kec.Rantau Perlak.

Sumber: beritasatu.com
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini