Sabang Persiapkan Diri Jadi Tuan Rumah Pra-PKA

Tari Seudati/Juliansyah Ajie
SABANG - Kota Sabang saat ini sedang menyiapkan diri sebagai tuan rumah pra-PKA (Pekan Kebudayaan Aceh) yang direncanakan akan berlangsung tahun 2014. Even pra-PKA itu akan dilaksanakan satu minggu sejak 24 Juni, bertepatan saat liburan sekolah  juga dalam rangka HUT Kota Sabang. Tempatnya dipusatkan di arena Sabang Fair yang di lokasi tersebut sudah sejak lama dibangun anjungan hampir seluruh kabupaten/kota di Aceh.                                    
"Ini untuk pertama kalinya akan ada pra-PKA sebelum PKA  sebagai even empat tahunan digelar kembali di Banda Aceh pada tahun 2017," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kota Sabang, Zulfi Purnawati kepada Serambinews di sela-sela Workshop Kehumasan di aula Hotel Nagoya Inn, Sabang, Sabtu (30/11/2013).   
Workshop yang diikuti 30 peserta itu terselenggara atas prakarsa Disbudpar dan Humas Pemko Sabang.     
Menurut Zulfi, even pra-PKA itu terlaksana atas saran Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah saat penutupan PKA 6 pada akhir September lalu di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh. "Saran itulah yang kini ditindaklanjuti Wali Kota Sabang," kata Zulfi.   
Sebagai konkretisasinya, Pemko Sabang kini sedang membenahi arena Sabang Fair yang agak terabaikan kerapian dan keasriannya setelah digunakan sebagai tempat pengungsian korban tsunami tahun 2004.          
Langkah kedua yang akan dilakukan Pemko Sabang adalah menyurati pemerintah kabupaten/kota se-Aceh untuk berpartisipasi dalam even pra-PKA itu nantinya.                    
"Sebagai pra-PKA, even ini kita persiapkan sebaik mungkin bagi kabupaten/kota untuk menampilkan ekspresi budayanya secara bersahaja, sebelum PKA 7 dihelat tahun 2017," ujar Zulfi.
Sebelumnya, Rabu (28/11) sore Sekda bersama Kadisbudpar Sabang sudah menghadap Kadisbudpar Aceh untuk membicarakan hal ini dan Kadisbudpar menyambut baik gagasan itu. "Lebih detail akan dibahas dalam rakor program 2014 di Oasis Hotel Banda Aceh pada 1 Desember," ujar Zulfi. (*)
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini