Seluruh Geuchik Di Aceh Barat Ikrar Reusam Gampong

Seluruh Geuchik Di Aceh Barat Ikrar Reusam Gampong/DiliputNews.com
MEULABOH -  Peringatan tahun baru islam 1 muharram 1435 H di Kabupaten Aceh Barat, seluruh geuchik melakukan penandatangan dan pembacaan ikrar bersama tentang penegakan syariat islam , kegiatan itu bertempat di Masjid Agung Meulaboh, Senin (05/11).

Sebelum penandatangan dan pembacaan ikrar bersama itu dilakukan, Bupati Aceh Barat, H T Alaidisnyah melepaskan pawai ta’aruf yang diikuti ribuan pelajar tingkat SD SMA dan perguruan tinggi yang ada dikota Meulahoh.

Penantangan reusam atau aturan gampong ini merupakan salah satu implementasi langkah konkrit terhadap penegakan syariat islam yang diawasi langsung oleh masyarakat ditingkat gampong.

Pembacaan ikrar yang berisikan pernyataaan kesediaan para kechik untuk menjalankan dan menegakkan syiar islam, di bacakan oleh Romi Saputra Jaya, Geuchik Gampong Pasir Kecamatan Johan Pahlawan dihadapan Bupati dan ketua DPRK Aceh Barat.

Bupati Aceh Barat H T Alaidisnyah dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan dan penegakan syariat islam bukan hanya tanggung jawab pimpinan daerah melainkan kewajiban seluruh masyarakat termasuk masyarakat ditingkat gampong.

“Lahirnya reusam atau aturan gampong tentang syariat islam ini, diharapkan dapat menjadi pedoman bagi keuchik dan aparatur gampong dalam membina sekaligus menemukan solusi atau langkah penanganan bila mendapati pelanggaran syariat oleh warga dalam gampong masing masing,” kata Alaidisnyah.

Sementara itu, Ketua MAA Aceh Barat, Tgk.Umar Alimufti, mengatakan seluruh gampong di Aceh Barat yaitu sebanyak 322 Gampong telah semuanya menyelesaikan pembuatan reusam ini.

“Kita telah memberikan pendampingan bagi Geuchik di setiap Kecamatan tentang penyusunan reusam syariat islam ini, tentunya penyusunan reusam ini berpedoman pada peraturan dan qanun yang mengatur syariat islam seperti qanun nomor 9 tentang takzir dan sanksi adat, dan alhamdulillah tepat 1 muharram ini mulai dapat dijalankan,” ujarnya.

Peringatan 1 Muharram ini, juga dipadukan dengan penyerahan secara simbolis kunci sepeda motor untuk pesantren dan dayah yang ada di kabupaten aceh barat dan di akir acara diisi tausiah oleh penceramah ustad Yasir dari pesantren Peunaga Pasie.(Red)

Sumber: DiliputNews.com
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini