Sumut Yakin Menang, Aceh Usung Perdamaian

JAKARTA, suaramerdeka.com - Usai Provinsi Papua mendaftarkan sebagai tuan rumah pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 pada Selasa lalu, kini giliran Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh, Kamis (28/11). Kedua provinsi itu mendaftar ke KONI Pusat di waktu yang berbeda. Aceh pagi, Sumut sore.  Meski belum ditetapkan siapa yang menang, namun Sumut begitu percaya diri bisa merebut status tuan rumah.

Menurut Ketua Tim Pemenangan Sumut, Nurdin Lubis, pihaknya sudah menyiapkan strategi agar wilayahnya ditunjuk sebagai tuan rumah PON 2020. Pihaknya menyatakan sudah didukung seluruh provinsi di Pulau Sumatera. "Kami juga akan meyakinkan KONI-KONI daerah lain supaya mendukung Sumut. Kami optimistis Sumut jadi tuan rumah," ujar Nurdi.

Pria yang juga Sekda Sumut ini mengemukakan, pihaknya juga sudah menyiapkan dana Rp 1,4 triliun untuk persiapan sarana dan prasarana, seperti venue. "Sumut pernah menjadi tuan rumah PON pada 1953, dan saat ini kami tengah menyiapkan berbagai sarana dan prasana, seperti venues. Kami mempunyai prinsip untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh peserta dan pembiayaan murah," ungkapnya.

Ketika ditanya kenapa tak mengajukan tuan rumah bersama dengan Aceh, pihaknya belum punya keinginan. Pasalnya, Sumut sudah memiliki fasilitas memadai, mulai dari tempat pertandingan hingga penginapan. "Soal transportasi, bandara di Medan juga siap dan bahkan berskala internasional. Jadi niat kami bukan mengajukan tuan rumah bersama, tapi Sumut sendirian," ujarnya.

Sementara itu, Aceh yang diwakili Wakil Gubernur Muzakir Manaf mengemukakan, pihaknya mengusung misi perdamaian jika ditunjuk tuan rumah PON 2020. Aceh juga ingin integerasi, perekonomian dan pariwisata.

"Perhelatan ini adalah kesempatan kita untuk menunjukkan kembali kepada masyarakat Indonesia bahwa Aceh bersih dan aman, terlebih lagi kita sudah menyiapkan beberapa venue pertandingan untuk digunakan," ujar Muzakir.

Sumber: SuaraMerdeka
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini