Wabub: Butuh Pembinaan Berkelanjutan Pertahankan Industri Kecil

Banda Aceh, 7/11 (Antara) - Wakil Bupati Aceh Besar Syamsul rizal menyatakan, butuh pembinaan berkelanjutan untuk mempertahankan keberlangsungan usaha industri kecil di kabupaten setempat.

Sektor industri kecil telah berjalan cukup lama di Aceh salah satu upaya untuk mempertahankan sektor itu tetap jalan yakni dengan pembinaan secara berkelanjutan," katanya di sela-sela kunjungan pengurus Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Tasikmalaya ke Aceh Besar, Kamis.

Dalam kunjungan pengurus Dekranas Tasikmalaya ke sentra Industri Kecil Kuta Malaka, Wabup mengatakan bahwa pembinaan berkelanjutan dapat dilakukan dengan terobosan baru sehingga melahirkan produksi dan inovasi yang disukai pasar.

Sektor ekonomi kecil menjadi salah satu penyumbang terhadap pertumbuhan ekonomi di Aceh khususnya dan Indonesia umumnya," katanya.

Disebutkannya jumlah usaha bordir di kawasan itu mencapai 217 unit usaha dan melibatkan 1.239 orang tenaga kerja.

Ia mengatakan workshop sentral industri kecil Kuta Malaka membina kelompok industri kecil pada empat kecamatan masing-masing Montasik, Suka Makmur, Kuta Malaka, dan Indrapuri.

Dijelaskannya, produk yang dihasilkan masing-masing kawasan seperti berbagai macam jenis tas dan pernik-pernik lainnya dengan jumlah produksi sekitar 3.200 tas per bulan dan dipasarkan di berbagai kabupaten dalam Provinsi Aceh.

Menurut dia, berbagai produksi hasil kerajinan asal Kabupaten Aceh Besar tersebut juga di pamerkan pada even nasional seperti Pekan Raya Jakarta, Inacraf, Pameran Produk Unggulan Daerah (PPUD), Grafina, dan pada kegiatan HUT Dekranas.

Sementara itu Kadiskop UKM dan Deperindag Kota Tasikmalaya Tantan Rustandi mengaku kagum atas keuletan dan kegigihan para perajin di Aceh Besar dan pihaknya berharap usaha tersebut dapat terus tumbuhan sehingga dapat menyejahterakan masyarakat di masa menatang.

Dalam kegiatan tersebut juga hadir diantaranya Ketua Dekranas Kabupaten Aceh Besar Lissiani Mukhlis Basyah dan Wakil Ketua Dekranas Aceh Besar Hj Nazriati Syamsulrizal. (Muhammad Ifdhal)
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini