Aceh Realisasikan Pembangunan 12 Ribu Rumah Dhuafa

Banda Aceh, 4/12 (Antara) - Gubernur Aceh Zaini Abdullah menyebutkan pemerintahannya saat ini sudah dan sedang merealisasikan sekitar 12 ribu unit rumah bantuan yang akan disalurkan untuk kaum dhuafa di provinsi itu.
     
"Program pembangunan rumah kaum dhuafa itu tersebar di sejumlah Satuan Kerja Pemerintah Aceh seperti Dinas Cipta Karya, Dinas Sosial, Disnaker dan Mobduk, Baitul Mal dan selain bantuan Kementerian Perumahan Rakyat," katanya di Aceh Besar, Rabu.
      
Disela-sela menghadiri doa bersama dalam rangka milad GAM ke 37/2013, gubernur mengatakan pembangunan rumah kaum dhuafa tersebut merupakan salah satu program pemerintahan yang dipimpinnya bersama Wagub Muzakir Manaf.
      
"Usia pemerintahan kami baru 18 bulan. Kami ingin berbuat demi kesejahteraan dan keadilan bagi rakyat Aceh sebagaimana amanah almarhum Tgk Muhammad Hasan Di Tiro," katanya menjelaskan. 
      
Selain itu, selama 18 bulan pemerintahan Zaini-Muzakir juga telah  menyalurkan bantuan beasiswa kepada sebanyak 116.568 orang anak yatim tingkat SD, SLTP, SLTA dan Dayah (ponpes) yang dananya mencapai Rp209,8 miliar, bersumber dari APBA 2013.
       
Dana kesejahteraan guru dalam bentuk  bantuan hibah pada tahun 2013 sejumlah Rp169,9 miliar yang di arahkan kepada pendidik, guru PNS, dan tenaga kependidikan lainnya, seperti kepala sekolah, pengawas/penilik sekolah dan madrasah, serta pamong belajar pada Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) se-Aceh.
       
"Kami  sudah dan sedang membangun sebanyak 11 ruas jalan tengah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan mempercepat kesejahteraan rakyat," kata gubernur Zaini Abdullah.
       
Gubernur menjelaskan,  Pemerintah Aceh juga menyalurkan dana bantuan keuangan program "peumakmu gampong" (BKPG) masing-masing gampong (desa) Rp70 juta dengan total desa sebanyak 6.464 se Aceh untuk digunakan bagi pembangunan infrastruktur, pemberdayaan ekonomi, pendidikan dan kesehatan. 
      
Selanjunya Pemerintah Aceh juga sudah dan sedang merealisasikan penyaluran sebanyak 40 unit boat nelayan berjelajah tinggi berkekuatan 40 GT yang diperuntukkan bagi kelompok nalayan eks kombatan se Aceh. 
      
Bidang kesehatan,  Pemerintah Aceh terus melanjutkan program JKA dan segera membangun lima rumah sakit regional bertaraf internasional di sejumlah lokasi di Aceh dengan bantuan Jerman.
      
Gubernur juga menjelaskan, pihaknya juga  terus berkomitmen mengundang investor untuk membangun Aceh dan menyerap tenaga kerja. Pemerintah Aceh terus berkomunikasi dan menjemput investor baik di dalam maupun luar negeri.(Azhari)

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini