Bangkitkan Kesadaran dan Kepedulian Kepada Penyandang Cacat

Lhokseumawe, 3/12 (Antara) - Masyarakat, pemerintah lembaga sosial, media dan instansi lainnya diharapkan untuk membangkitkan kesadaran dan kepedulian terhadap keberadaan kaum penyandang cacat, agar keberadaannya bisa seimbang dan selaras dengan warga normal.
     
"Selain itu perlu membangkitkan kesadaran para penyandang cacat tentang hak dan kewajibannya dengan mengutamakan peningkatan peran dan pelaksanaan kewajiban mereka," kata Fadhli Djailani, Difable Coordinator Outreach YPAP di Lhokseumawe, Selasa.
     
Hal itu, sebut Fadhli merupakan bagian dari tujuan pelaksanaan kegiatan memperingati Hari Penyandang Cacat se-Dunia di Kota Lhokseumawe. Kegiatan yang dilaksanakan atas kerja sama dengan SLB Cinta Mandiri itu dirangkai dengan lomba mewarnai dan pameran karya kerajinan tangan anak-anak luar biasa.
     
"Kegiatan dirangkai dengan penyerahan sejumlah bantuan kepada para penyandang cacat, selain itu diserahkan makanan nutrisi tambahan kepada penyandang cacat di Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara," ujar Fadhli yang juga pengajar di perguruan tinggi itu.
     
Bantuan yang diserahkan kepada anak-anak penyandang cacat berupa enam unit kursi roda, 10 unit tongkat ketiak, 10 unit tongkat peraba, sedangkan penyandang cacat dewasa disediakan 16 unit becak mesin yang akan didistribusikan sesuai prioritas dan kriteria.
     
Fadhli mengatakan kegiatan serupa digelar di Kabupaten Bireuen Sabtu 7 Desember 2013. Dia berharap dengan kegiatan seperti itu akan mendorong berbagai pihak untuk peduli dalam upaya penyediaan fasilitas publik yang ramah dan mudah diakses para penyandang cacat.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini