Dua gol Costa bawa Atletico ke puncak klasemen

Barcelona (Antara/Reuters) - Penyerang Atletico Madrid asal Brazil, Diego Costa, mencetak dua gol ketika mereka bangkit dari ketinggalan untuk mengalahkan Levante 3-2 di kandang sendiri pada Sabtu waktu setempat untuk unggul tiga angka di puncak klasemen Liga Spanyol.

Costa mencetak gol kemenangan dari titik penalti 13 menit menjelang pertandingan usai untuk memuncaki daftar pencetak gol liga dengan 19 gol, dua gol lebih banyak dari koleksi gol pemain Real Madrid Cristiano Ronaldo.

Atletico memasuki libur musim dingin dengan 46 angka dan 100 persen rekor kandang. Barcelona, di peringkat kedua dengan 43 angka, dapat menyamai koleksi nilai Atletico dengan kemenangan di markas Getafe pada Minggu.

Real Madrid, tertinggal delapan angka dari Atletico, menghadapi Valencia pada Minggu.

Levante menggunakan back lini berisi lima pemain dan terlihat jelas berupaya bermain bertahan, namun mereka mampu memberikan masalah bagi Atletico di fase-fase awal pertandingan ketika tim tuan rumah kekurangan konsentrasi.

Sejauh ini, pasukan Diego Simeone merupakan contoh ideal konsistensi namun meninggalkan celah-celah dan gagal mengoordinasi pertahanan. Levante membuat mereka harus membayarnya pada menit pertama, ketika operan Nikolaos Karabelas membelah pertahanan dan Andreas Ivanschitz mampu menyepak bola melewati kiper Thibaut Courtois.

Beberapa saat kemudian Courtois melakukan penyelamatan bagus untuk menggagalkan peluang David Barral, sebelum Atletico mulai mengancam. Mereka menekan pertahanan Levante dan menemukan jalan pada menit ke-30 ketika Diego Godin melepaskan tandukan keras ke sudut atas gawang.

Atletico terlihat kembali ke jalur kemenangan dengan sepakan voli Costa yang membawa mereka unggul pada menit ke-47 memanfaatkan tendangan bebas Gabi Fernandez, namun ketika mereka menyerang, pertahanan mereka kembali terbuka sehingga Pedro Rios dapat menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada menit ke-55. 

Saat pertandingan tinggal menyisakan 13 menit, Juanfran Torres dijatuhkan Ruben Garcia di kotak terlarang, dan Costa mengonversi penalti. 

Malam bertambah buruk bagi Levante ketika Juanfran Garcia mendapat kartu merah akibat berseteru dengan Felipe Luis. 

"Diego Costa memainkan permainan hebat, yang ia demonstrasikan dengan cara ia mengambil penaltinya. Para pendukung Atletico perlu memuji pemain-pemain ini karena mereka layak menerimanya," kata pelatih Atletico Simeone pada konferensi pers setelah pertandingan. 

Ia menimpali, "Terdapat kesalahan-kesalahan pada sepak bola dan kami bukan perkecualian. Bagaimanapun, tim memiliki hati dan tekad untuk melaju. Ini merupakan pertandingan bersejarah bagi Atletico." 

Pada Sabtu sore, bek Sevilla Cala mencetak satu gol dan mendapat kartu merah ketika timnya menebus kekalahan di Piala Raja dengan kemenangan 2-1 atas Villarreal. 

Tim Andalusia itu disingkirkan tim liga rendah Racing Santander di Piala Raja pada Rabu, namun mereka memperlihatkan intensitas yang tidak mereka miliki saat kalah, ketika tandukan Cala membawa mereka unggul pada pertengahan babak pertama.

Carlos Bacca mencetak satu gol setelah turun minum, sebelum Cala membuat timnya dihukum penalti pada menit ke-86 dan diusir keluar lapangan. Jeremy Perbet mencetak gol dari titik putih, namun Sevilla mampu bertahan dengan baik untuk mengklaim kemenangan tandang ketiga beruntunnya.

Mereka berada di peringkat ketujuh di klasemen liga dengan 26 angka, tertinggal dua angka dan satu posisi di bawah Villarreal yang dilompati Real Sociedad setelah mereka mengalahkan tuan rumah Granada 3-1.

Carlos Vela menyarangkan dua gol di mana Antoine Griezmann juga mencetak gol, sedangkan Granada hanya mampu membalas satu gol melalui Piti.

Almeria menambah tekanan kepada tim juru kunci Real Betis di mana Ramon Azeez mencetak gol pada menit keempat saat mereka meraih kemenangan tandang 1-0, yang membuat tuan rumah tertinggal lima angka dari zona aman.
(Uu.H-RF)
Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © 2013
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini