HIPEMAGAS Gelar Kolaborasi SAMAN dan JAZZ

Banda Aceh, 6/12 (Antara) - Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Gayo Lues (Hipemagas) akan menggelar konser musik inovasi bertajuk "Kolaborasi Saman Gayo dan Jazz" di Gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh, Sabtu (7/12) malam.
    
Ketua Hipemagas Makmur di Banda Aceh, Jumat menyatakan, pada konser yang mulai pukul 20.00 WIB itu menampilkan musisi Jazz nasional yang tergabung dalam Farabi All Stars Jakarta dan Tari Saman dari Gayo Lues.
    
Acara musik yang dipersembahkan untuk pelantikan pengurus baru paguyuban mahasiswa Gayo Lues bertujuan memperkenalkan budaya Aceh, khususnya Gayo.
    
Makmur yang didampingi ketua panitia Basrul menyebutkan, pertimbangan mempertemukan tari Saman Gayo Lues dengan musik Jazz lebih sebagai inovasi seni di Aceh, dimana gerak atraktif tari saman yang dikenal sebagai simbol kebersamaan, berkolaborasi langsung dengan musik Jazz yang memiliki inisiatif dan improvisasi tinggi.
    
"Pertemuan dua jenis seni dunia ini kita harapkan bisa memacu kreatifitas seni di Aceh, dan sekaligus menjadi branded Gayo Lues yang terbuka, apalagi tari Saman merupakan salah satu warisan dunia," lanjut Makmur.
    
Menurut Makmur, musisi Farabi All Stars,  merupakan kumpulan guru musik di Sekolah musik pimpinan musisi Jazz Dwiki Dharmawan, dan akan hadir pada acara kolaborasi Saman Gayo & Jazz adalah Adi Dharmawan (Bass), Agam Hamzah (Gitar), Budi Haryono (Drum), Elanda Yunita (Keyboard), dan bintang tamu Daud Debu (Perkusi). Sementara dari lokal akan tampil Klop Saman Gayo, Bines, dan Band Laskar Gayo.
    
Direncanakan, lanjut Makmur, acara tersebut akan dibuka oleh Gubernur Aceh Zaini Abdullah dan Bupati Gayo Lues Ibnu Hasyim. Panitia juga turut mengundang sejumlah tokoh masyarakat Gayo dan organisasi paguyuban mahasiswa se-Aceh.
    
Selain itu, sejumlah budayawan dan akademisi nasional dipastikan menghadiri pagelaran tersebut diantaranya Ketua Dewan Pembina Komnas Perlindungan Anak dan Budaya Nusantara Roestin Ilyas, Dewan Pembina Forum Peduli Budaya Nusantara (FPBN) Mayjen Hendarji Soepanji dan wakil Sekretaris Forum Keraton Nusantara (FKN) Hj Yani Wage Sulistyowati.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini