JKRA dan JKN akan terintegrasi

BANDA ACEH - Gubernur Aceh, Zaini Abdullah mengatakan, mulai tahun depan, sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) akan terintegrasi dengan program pemerintah Aceh, yakni Jaminan Kesehatan Rakyat Aceh ( JKRA). "JKRA dan JKN akan terintegrasi mulai tahun depan," kata Gubernur, kemarin.

Gubernur menerangkan, dengan terintegrasinya kedua program ini, maka seluruh lapisan masyarakat Aceh akan mendapatkan pelayanan secara gratis. "Jaminan kesehatan Aceh akan ditanggung oleh Pemerintah Aceh dan pemerintah pusat," ujar Gubernur.

Dengan demikian, lanjut Gubernur, masyarakat bisa lebih fokus menjalankan aktivitas sehari-hari tanpa memikirkan biaya untuk pengobatan manakala jika mengalami gangguan kesehatan.

“Kehadiran program ini semoga saja bisa mendorong adanya peningkatan kualitas masyarakat kita,” tukas Gubernur.

Gubernur juga menyebutkan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2012, bahwa jumlah penduduk Aceh berkisar 4,6 juta jiwa yang tersebar di 23 kabupaten/kota.  Dari jumlah itu,  jelas Doto Zaini, ternyata yang sanggup ditangani oleh JKN sebanyak  2,6 juta jiwa, terdiri dari 2,1 juta jiwa masyarakat miskin, dan sisanya PNS, TNI, Polri, karyawan BUMN dan swasta, sebanyak 500.000 orang. Dengan data ini, berarti ada 2 juta lagi penduduk Aceh yang tidak mendapat jaminan kesehatan dari JKN.

“Tapi tidak perlu kuatir, sebab 2 juta jiwa masyarakat Aceh yang tidak mendapatkan pelayanan kesehatan dari JKN akan mendapat layanan kesehatan  yang ditanggung oleh JKRA. Dengan kata lain, pada tahun 2014 JKRA  tetap berlanjut  dan kita sudah mengusulkan anggaran Rp406 miliar di dalam APBA 2014 untuk mengatasi masalah ini. Nantinya program JKA akan terintegrasi dengan program JKN,” pungkasnya.

Editor: SASTROY BANGUN


Sumber : http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=311101:jkra-dan-jkn-akan-terintegrasi&catid=13:aceh&Itemid=26
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini