Kandidat ketua PSSI Aceh bermunculan

Waspada.co.id | BANDA ACEH - Sejumlah nama mulai muncul di bursa kandidat Ketua PSSI Aceh periode 2014-2017. Lima calon mulai mendaftar ke panitia menjelang Musyawarah Provinsi (Musprov) PSSI yang akan digelar pada 20-22 Desember mendatang di Banda Aceh.

Ketua Panitia Musprov PSSI Aceh, M Nasir Guru Mud, menyebutkan pihaknya telah lama mengirimkan surat kepada 23 Pengcab PSSI Kabupaten/Kota dan 27 klub di daerah. Salah satu isinya adalah meminta Pengcab PSSI dan klub mengajukan calon Ketum PSSI Aceh.

"Sudah ada calon yang masuk, sampai sekarang sudah ada lima orang, kita harap semakin banyak semakin bagus untuk proses demokrasi di Musprov nanti," ujar Nasir baru-baru ini.

Kata dia, hingga kini, pihaknya baru menerima beberapa berkas calon ketua yang diajukan klub atau Pengcab. Ada lima nama calon yang baru diterima, yaitu Teuku Hermansyah dan Adly Tjalok, Asri Sulaiman, M Nasir Guru Mud, dan Jamaluddin T Muku.

Nasir menambahkan, seharusnya Musprov PSSI sudah berlangsung April lalu, sesuai masa kepengurusan. Hanya saja, terpaksa ditunda karena adanya surat keputusan dari PSSI Pusat. “Musprov yang kita gelar sekarang ini sesuai surat dari PSSI pusat,” katanya.

Disebutkan, Musprov tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Perbedaan tersebut karena pada 2014 tak digunakan lagi nama Pengprov, melainkan diganti dengan nama Asosiasi PSSI provinsi. "Pergantian nama itu berdasarkan hasil rapat PSSI pusat."

Sekretaris PSSI Aceh, Teuku Hermansyah, menambahkan dalam pemilihan ini, PSSI akan membuka kesempatan kepada siapa saja anggota yang mempunyai keinginan untuk maju pada bursa pencalonan nantinya.

Katanya, sebelum pelaksanaan Musprov, anggota PSSI Aceh diharapkan dapat mengajukan calon ketua sesuai pedoman, peraturan organisasi PSSI Nomor:02/PO/PSSI/XI/XII/2007 tanggal 31 Desember 2007, Bab XI pasal 38 ayat (1) poin a,b,c.

Lalu, sambung dia, mengacu juga pada Pedoman Dasar PSSI Aceh Tahun 2009 tanggal 10 Desember 2009 pasal 18 ayat (7,8,9). “Hanya peserta Musda atau Musdalub PSSI provinsi memiliki hak suara mengusulkan calon ketua provinsi,” urai Herman.

Musprov PSSI Aceh XIV tahun 2013 ini kabarnya akan dibuka langsung Gubernur Aceh dan dihadiri tim Task Force dari PSSI pusat. "Semua akan kandidat akan diseleksi oleh tim task force, layak atau tidak semua wewenang tim tersebut," urainya.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini