Marzuki Alie Ingatkan Warga Aceh untuk Lebih Waspada

Jakarta: Ketua DPR RI Marzuki Alie mengatakan peringatan 9 tahun tsunami di Aceh sebaiknya tidak hanya diisi dengan mengenang dan mendoakan para korban meninggal. Menurutnya, masyarakat Aceh yang tinggal di wilayah ring of fire (patahan aktif) harus meningkatkan kewaspadaan.

"Untuk memperingati tsunami Aceh, sebaiknya tidak hanya dengan mengenang dan mendoakan para korban meninggal sebagai syuhada. Warga Aceh yang tinggal di wilayah ring of fire, rentan gempa, dan tsunami sebaiknya selalu waspada apabila ada pertanda terjadi supaya tidak ada korban lagi karena kealpaan," kata Marzuki Alie kepada Metrotvnews.com, Kamis (26/12).

"Kita juga memperingati kesetiakawanan sosial antarrakyat Indonesia dan antarbangsa yang telah bergotong royong membantu saudara-saudara kita yang terkena bencana," kata Marzuki.

Hari ini, sebagian besar wilayah Aceh mengibarkan bendera setengah tiang untuk memperingati 9 tahun bencana yang menewaskan ratusan ribu jiwa dari enam negara itu. Pengibaran bendera setengah tiang di Aceh akan berlangsung selama tiga hari berturut-turut. Tsunami di Aceh diawali gempa berkekuatan 9,3 skala richter atau gempa terbesar ketiga yang pernah tercatat di seismograf dan durasi terlama sepanjang sejarah yakni sekitar 10 menit.

Laporan: Timi Trieska Dara

Editor: Prita Daneswari
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini