Nilai Tukar Petani Aceh November Merosot

Banda Aceh, 3/12 (Antara) - Nilai tukar petani (NTP) Provinsi Aceh merosot sebesar 0,47 persen dibanding Oktober 2013 yakni dari 103,32 menjadi 102,83 pada bulan tersebut.
      
"Merosotnya NTP Aceh tersebut akibat indeks harga yang diterima petani turun sebesar 0,13 persen sedangkan harga yang dibayar petani meningkat sebesar 0,35 persen," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Aceh Hermanto di Banda Aceh, Selasa.
       
Dijelaskannya, dari lima subsektor pembentuk NTP tiga diantaranya mengalami penurunan indeks, satu meningkat dan satu lainnya tetap.
      
 Adapun tiga subsektor yang mengalami penurunan indeks tersebut yakni peternakan turun sebesar 1,51 persen, hortikultura turun sebesar 0,66 persen dan perikanan turun sebesar 0,22 persen.
       
Sedangkan subsektor yang mengalami kenaikan indeks pada November yakni tanaman perkebunan rakyat sebsesar 0,68 persen sedangkan tanaman pangan tidak mengalami perubahan indeks.
       
NTP Adalah perbandingan indeks harga yang diterima petani terhadap harga yang dibayar petani untuk produk pertanian dengan barang dan jasa yang dikonsumsi untuk biaya produksi.
      
Pihaknya berharap Pemerintah Aceh dapat meningkatkan program pembangunan disektor pertanian, peternakan, perikanan dan perkebunan guna meningkatkan kesejahteraan masyrakat di masa mendatang.(Muhammad Ifdhal)
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini