Panglima Muda: Perang Aceh Belum Selesai

Tgk. Saiful Yahya, Panglima Muda daerah II Pasee,
saat memberikan kata-kata sambutan di acara peringatan Milad GAM ke 37 tahun
di Makam Malikussaleh.
Fadel Aziz Pase | The Globe Journal
Lhoksukon - Memperingati Hari Ulang Tahun Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ke 37 tahun yang jatuh hari ini 4 Desember 2013 merupakan momen yang tak terlupakan bagi para eks kombatan pertempuran GAM yang merebut kemerdekaan dibawah bentukan Almarhum Tgk. Hasan Tiro yang dideklerasikan pada 4 Desember 1976 silam.

Bagi para kombatan, 4 Desember merupakan tanggal yang sangat bermakna dimana tanggal tersebut 37 tahun silam telah terjadi sebuah peristiwa yang sangat bersejarah bagi bangsa Aceh dalam mendeklerasikan mulanya bangsa Aceh akan memperjuangkan kemerdekaan dari Republik Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Tgk. Saiful Yahya, Panglima Muda daerah II Pasee, saat memberikan kata-kata sambutan di acara peringatan Milad GAM ke 37 tahun di Makam Malikussaleh. Menurutnya,  perjuangannya akan terus berlanjut mengikuti amanah Hasan Tiro untuk memperjuangkan perang Aceh yang belum selesai.

“Seperti amanah Wali, ada 5 perang yang diamanahkan kepada kita. Antara lain, Perang Diplomasi, Perang Propaganda, Perang Ekonomi, Perang Politik dan Perang Militer.” Ujar mantan Tentara Negara Aceh (TNA) tersebut dalam kata-kata sambutannya.

Menurutnya, Perang yang paling kecil itu adalah Perang Militer dan perang bersenjata tersebut telah berakhir pada 15 Agustus 2005 silam saat perundingan damai antara GAM dan RI di Helsinki, Finlandia.

“Konsep yang telah diarahkan Wali kepada kita tidak akan pernah sesat. Dan harus kita ingat bahwa saat damai itu yang dibubarkan adalah TNA bukan GAM,” Ungkap Panglima Muda tersebut yang disamput tepuk tangan. []

TheGlobeJournal.com

Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini