Peter "Lawrence of Arabia" O'Toole meninggal dunia

Jakarta (Antara) - Aktor Peter O'Toole yang terkenal karena memerankan seorang perwira Inggris nan petualang T.E. Lawrence dalam film legendaris "Lawrence of Arabia" meninggal dunia dalam usia 81 tahun, demikian laporan BBC.

Aktor legendaris menerima delapan nominasi Oscar untuk kategori Aktor Terbaik namun tak satu pun nominasi Oscar itu dimenangkannya.

Sang aktor meninggal dunia Sabtu dua hari lalu di Rumah Sakit Wellington di London karena sakit yang lama dideritanya, kata agen dia, Steve Kenis.

Juli 2012 silam O’Toole mengumumkan pensiun dari dunia akting, tapi ternyata turut ambil bagian dalam dua film "Katherine of Alexandria" dan "Mary" yang akan tayang kemudian.

Selama enam dekade karir filmnya, pria berayah orang Irlandia dan ibu Skotlandia ini menerima nominasi Oscar untuk "Becket" (1964), "The Lion in Winter" (1968), "Goodbye, Mr. Chips" (1969), "The Ruling Class" (1972), "The Stunt Man" (1980), "My Favorite Year" (1982) dan "Venus" (2006).

Tak ada seorang pun aktor yang menyamai catatannya mendapatkan begitu banyak nominasi Oscar tapi tidak satu pun penghargaan insan film tertinggi Amerika Serikat itu didapatnya.

O’Toole hanya dianugeragi penghargaan kehormatan dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences pada 2003.  Semula dia menolak penghargaan ini, namun kemudian menerimanya.

Namun penampilannya dalam "Lawrence of Arabia" dan "Becket" mendapat penghargaan tertinggi film Inggris yang setara dengan Oscar.

Sejumlah kalangan menyebutkan bahwa perannya sebagai Raja Henry II yang eksentrik dalam "Becket" dan berlawanan dengan karakter yang dimainkan mendiang aktor Richard Burton, adalah penampilan terbaiknya dalam film.

O’Toole’s berperan di berbagai genre, termasuk komedi dan drama.

Di antara rangkaian film yang dibintanginya adalah "Lord Jim" (1965), "What's New Pussycat?" (1965), "The Bible: In the Beginning" (1966), "How to Steal a Million" (1966), "The Night of the Generals" (1967), "Man of La Mancha" (1972), "Caligula" (1979), "Creator" (1985) dan miniseri televisi tahun 1981 "Masada" yang mendapat nominasi Emmy Award.

Karirnya melesat pada 1960 ketika sutradara David Lean memilihnya menjadi pemeran utama dalam "Lawrence of Arabia".

Sejak itu figurnya terkenal ke seantero dunia sebagai orang gurun berkulit putih berambut pirang dan bermata biru, demikian The Hollywood Reporter.

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © 2013
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini