Polisi Sita 3 Ribu 'Kera' Lemures yang akan Diselundupkan ke Thailand

momo atau Lemures/dok: google
Lhokseumawe - Polres Aceh Tamiang menyita 3 ribuan hewan momo atau 'Lemures', sejenis kera berekor belang. Hewan dilindungi itu diselundupkan ke Thailand.

Polisi menemukan hewan itu di sebuah gudang milik warga di Dsa Air Masen, Kecamatan Seuruway, Aceh Tamiang. Kasat Reskrim Polres Aceh Tamiang Iptu Benny Cahyadi mengatakan pihaknya menggerebek gudang tersebut setelah mendapatkan informasid ari masyarakat soal hewan langka. Saat digerebek, pemilik melarikan diri.

"Pemiliknya saudagar bernama Sulaiman," kata Benny kepada detikcom, Rabu (4/12/2013).

Berdasarkan data kepolisian, setidaknya ada 4 penyelundup di Kecamatan Seuruway. Mereka mengumpulkan barang ilegal di antaranya arang dan balangkas alias ketuka (hewan laut) yang dilarang untuk dijual ke luar negeri. Ketika pulang, mereka diduga membawa barang ilegal asal luar negeri ke Aceh Tamiang.

"Ada empat gudang yang kita gerebek dengan beda pemilik. Tapi hanya satu yang berisi yakni gudang milik Sulaiman. Sementara tiga gudang lainnya milik orang lain sudah dikapalkan ke Tahailand," ujarnya.

Di gudang milik Sulaiman, petugas juga menemukan banyak kayu arang dan 2 ton minyak solar. Untuk sementara waktu, seluruh hewan dibawa ke kantor polisi. Selanjutnya, polisi berkordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh.

Detik.com
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini