Prediksi Chelsea vs Southampton

London (ANTARA) - Chelsea menjamu Southampton di Stamford Bridge. Layaknya sebuah perjamuan, tuan rumah akan membuat tamunya merasa betah untuk mengail opini di buku catatan sejarah.

Kali ini, The Blues berusaha keras menorehkan kesan positif di jejaring pergaulan antar tim berlabel Liga Inggris (Premier League).

Silakan saja bila The Saints, julukan bagi Southampton, bertekad memperoleh poin di kandang Chelsea. Ini lantaran kedua tim bersiap baku tukar serangan dan adu kuat sektor pertahanan, serta adu cepat sektor gelandang dalam pekan ke-13 laga Premier League yang digelar di Stadion Stamford Bridge pada Minggu, pukul 23.10 WIB. Pertandingan ini akan ditayangkan oleh SCTV.

Chelsea memikul beban, Southampton membidik poin. Chelsea kini digelari jago kandang, dengan lima kali laga, hasilnya empat kali menang, dan sekali imbang, bahkan mereka nyaris takluk dari West Bromwich Albion (WBA) dua pekan lalu, tapi dewa penyelamat tiba dalam diri Eden Hazard yang mencetak gol lewat eksekusi tendangan penalti.

Chelsea di bawah The Special One menggores prestasi gemerlap, dari 66 laga di Stamford Bridge, mereka memetik 51 kali kemenangan, sisanya berakhir imbang.

Chelsea kini berada di peringkat ketiga dengan mengemas 24 poin setelah melakoni 12 laga, sementara Southampton bertengger di posisi ketujuh dengan memperoleh 22 poin.

Chelsea ingin terus terbang tinggi di langit-langit Premier League dengan menghentikan asa melangit Southampton. Ujung-ujungnya pertandingan ini bakal berlangsung seru, karena kedua tim sama-sama punya marwah untuk saling mengalahkan.

Chelsea berada di bawah naungan kubah menang dan kalah. Menang, ketika menundukkan West Ham (3-0). Kalah, ketika menghadapi FC Basel (0-1).

Chelsea, yang mencatat rekor tak pernah kalah di Premier League ketika bertanding di kandang sendiri nyatanya bukan tanpa kelemahan. The Blues disebut-sebut kerapkali kedodoran ketika diserang dari sisi sayap. Belakangan ini, penampilan Frank Lampard dan kawan-kawan menunjukkan grafik tidak menentu, penampilan mereka angin-anginan.

Southampton, yang dibaptis sebagai punya pertahanan jempolan dan jagoan mengantisipasi bola-bola udara, nyatanya kurang punya stok pemain berkualitas.

Soal kebugaran, Mourinho mengungkapkan bahwa pasukannya mengalami kelelahan karena harus mengikuti jadwal pertandingan yang relatif padat pekan-pekan ini. Kebalikannya, Southampton justru punya waktu rehat yang lebih panjang.

Kedua pelatih sama-sama menghadapi situasi serba rumit. Mauricio Pochettino ingin mengangkat moral bertanding anak-anak Southampton setelah menerima kekalahan dua gol tanpa balas dari Arsenal. Mourinho terus berkoar bahwa jadwal pertandingan yang relatif ketat menghantui anak asuhannya.

Anatomi kedua tim:

Chelsea:
* Mourinho diharapkan membuat rotasi pemain ketika melawan Southampton untuk keluar dari sergapan badai kelelahan. Pelatih asal Portugal ini mendeteksi bahwa biang kekalahan dari Basel salah satunya kelelahan yang dialami para pemainnya.
* Samuel Eto'o masih disergap cedera paha, Posisinya kemungkinan diisi oleh Fernando Torres.
* Ashley Cole, Eden Hazard dan Juan Mata besar kemungkinan dipasang Mourinho, sementara David Luiz belum cukup siap turun bertanding karena pemain asal Brasil itu masih mengalami cedera lutut. Gelandang Marco Van Ginkel belum sembuh dari cedera panjang.

Southampton:
* Dejan Lovren diharapkan mampu memperkuat barisan pertahanan timnya, setelah sebelumnya absen ketika melawan Arsenal. Ia dikabarkan masih belum pulih dari sakit.
* Boruc siap tampil mati-matian, apalagi lawan yang dihadapi tim sekelas Chelsea.
* Guly do Prado absen setelah menjalani operasi lutut, meski Jack Cork telah pulih dari cedera engkel, sedangkan Gaston Ramirez siap menggebrak lini pertahanan lawan.     

Komentar dua pelatih:

Jose Mourinho (Chelsea):
"Baik atau buruk, saya tentu saja tidak begitu percaya dengan hal itu. Rekor pertandingan saya melawan dia menjadi bukti, ketika saya masih menjabat sebagai manajer Real Madrid dan dia sebagai manajer Espanyol"

"Jika rekor itu memang bisa dia lewati, maka itu jelas-jelas merupakan kejutan besar. Rekor saya biasa-biasa saja ketika menjabat sebagai manajer Real Madrid."

"Ia (Pocchetino) manajer berkualitas, yang mampu bekerja keras."

Mauricio Pochettino (Southampton):
"Saya gembira karena dapat berhadapan dengan Jose Mourinho kembali di Inggris, bukan di Spanyol. Ini nyata bahwa anda perlu belajar dari setiap orang, dan saya banyak belajar dari Jose."

"Kami telah saling kenal. Saya menaruh hormat kepada dia, baik sebagai manajer sepak bola maupun sebagai pribadi. Sangat luar biasa bahwa kami dapat saling bersua dalam pertandingan pada Minggu ini."

"Saya beranggapan ia salah satu manajer terbaik dalam sejarah sepak bola. Torehan rekor kemenangan yang ia peroleh banyak berbicara. Kami punya hubungan baik. Sebelum dan sesudah pertandingan, kami tetap berlaku sebagai teman, meski dalam 90 menit laga, tentu kami berlaku sebagai seteru." 

Prakiraan susunan pemain:

Chelsea (4-2-3-1):
Cech (penjaga gawang); Ivanovic, Azpilicueta, Cahill, Terry; Mikel, Ramires, Schurrle, Oscar, Hazard; Torres

Southampton (4-2-3-1):
Boruc (penjaga gawang); Clyne, Shaw, Fonte, Lovren; Schneiderlin, Ward-Prowse, Wanyama; Lallana, Lambert, Rodriguez

Prediksi hasil laga (Goal.com):

* Chelsea 3-0 Southampton (19,17 persen)
* Chelsea 3-1 Southampton (15,84 persen)
* Chelsea 2-0 Southampton (14,14 persn)

Head to Head:
English Premier League (EPL)
30 Mar 2013     Southampton 2 - Chelsea 1    
16 Jan 2013     Chelsea 2 - Southampton 2    

FA Cup ‎(FA)
5 Jan 2013     Southampton 1 - Chelsea 5    

Lima laga terakhir:   

Chelsea:
26 Nov 2013     Basel 1 - Chelsea 0    UCL
23 Nov 2013    West Ham 0 - Chelsea 3    EPL
 9 Nov 2013    Chelsea 2 - West Bromwich 2    EPL
 6 Nov 2013    Chelsea 3 - Schalke 04 0    UCL
 2 Nov 2013    Newcastle 2 - Chelsea 0    EPL

Southampton:
23 Nov 2013    Arsenal 2 - Southampton 0    EPL
 9 Nov 2013    Southampton 4 - Hull 1    EPL
 6 Nov 2013    Sunderland 2 - Southampton 1    CCUP
 2 Nov 2013    Stoke 1 - Southampton 1    EPL
26 Oct 2013    Southampton 2 - Fulham 0    EPL


Narasi prediksi:
* Southampton kali ini menghadapi laga berat dan ketat setelah mengalami kekalahan dari Arsenal pekan lalu. Apakah moral bertanding pasukan Pocchetino mampu bangkit dari keterpurukan?

* Mourinho dihadapkan kepada kepada grafik penampilan anak asuhannya yang sedang berlaku bagaikan "roller coaster", kadang tampil bagus, kadang juga tampil buruk. Laga melawan Southampton membuktikan apakah skuad asuhan Mourinho mampu melewati pendulum waktu dengan tampil gemilang mengalahkan tim tamu.

* Chelsea memang lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Hanya saja mereka masih perlu lebih berkonsentrasi dalam pertandingan di kandang sendiri, mengingat lawannya kali ini memiliki pertahanan ekstra kokoh.

* Arsenal mampu menjinakkan pertahanan Southampton, kini Chelsea perlu tampil lebih cepat dengan pergerakan pemain yang lebih dinamis. Peran Obi Mikel menjadi sentral, hanya saja apakah barisan pertahanan Southampton mampu menahan laju pergerakan pemain ini.

* Peran penting diemban Oscar dan Eden Hazard. Kedua pemain ini perlu lebih kreatif dengan saling menjalin kerjasama membongkar lini pertahanan lawan. Dan dukungan fans tuan rumah gemuruh ketika barisan gelandang tim tuan rumah mampu menghalau alur serangan Southampton.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
Chelsea: 3
Southampton: 1

     Pewarta: AA Ariwibowo

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © 2013
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini