Sejumlah Fasilitas Museum Aceh Hilang Misterius


BANDA ACEH - Sejumlah inventaris di Museum Aceh dikabarkan hilang secara misterius dari gudang museum setempat. Tapi sayang, kehilangan barang-barang inventaris ini belum dilaporkan kepada aparat kepolisian oleh penanggung jawab meuseum yang berada di bawah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Aceh. 

Sejumlah petugas museum yang tak ingin disebutkan namanya mengatakan, fasilitas museum yang hilang itu antara lain tiga unit televisi 32 inci untuk peralatan CCTV dan satu unit mesin penyimpan data CCTV, yang jika diuangkan mencapai Rp 30 juta. Barang-barang ini dibeli melalui pengadaan barang tahun 2012 untuk dipasang pada lokasi pameran permanen yang berada di halaman museum. 

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Aceh, Asnawi mengaku kehilangan barang-barang investaris ini sudah dilaporkan kepada penanggung jawab museum sebelumnya. "Kehilangan sudah kami laporkan kepada kepala museum yang saat itu dijabat pak Nurdin. Kami juga menulis surat dan di dalam surat juga kita cantumkan langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah ini, apakah menyelesaikan di internal atau lapor polisi," kata Asnawi, Rabu (11/12/2013). 

Namun menurut Asnawi, dirinya mengaku belum tahu langkah selanjutnya yang ditempuh setelah surat itu dikirimkan. "Sekarang penanggung jawab museum sudah berganti, jadi kami juga tidak tahu sejauhmana perkembangan laporan kami," katanya. 

Sementara itu, mantan penanggungjawab Museum Aceh, Nurdin AR mengaku tidak mengetahui secara detil barang apa saja yang hilang, sehingga belum melaporkannya ke kepolisian. 

“Saat surat laporan diterima, museum sedang dalam proses renovasi, jadi kuncinya dipegang rekanan. Bagaimana saya lapor apa yang hilang, sedang kuncinya saja saya tidak pegang, tapi dipegang rekanan," kata Nurdin. 

Awalnya, sebut Nurdin, ia menduga jika beberapa item yang dinyatakan hilang akan dipasang oleh pelaksana rekanan. "Tapi secara pribadi, saya tidak menerima surat pemberitahuan bahwa pelaksanaan proyek renovasi sudah selesai atau belum,” katanya.

KOMPAS.com 
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini