Soal Kecerdasan Remaja, Asia Jauh Tinggalkan AS

Beritasatu.com | Washington – Remaja dari negara-negara Asia mendominasi peringkat hasil ujian global yang melibatkan murid-murid umur 15 tahun, sementara siswa dari Amerika Serikat gagal mencapai 20 besar di bidang matematika, sains dan membaca.

Berdasarkan hasil ujian yang diumumkan Selasa (3/12), para siswa AS berada di bawah hasil rata-rata internasional di bidang matematika, dan menempati posisi rata-rata dalam sains dan membaca.

Juara umum semua kategori adalah para remaja dari Shanghai, kota terbesar di Tiongkok dengan populasi lebih dari 20 juta jiwa. Siswa dari Singapura, Korea Selatan, Jepang dan Hong Kong juga berada di papan atas masing-masing bidang studi.

Vietnam, yang baru kali ini mengirimkan siswanya ke ujian tersebut, melampaui nilai yang diraih para siswa AS. Menteri Pendidikan AS Arne Duncan mengomentari hasil itu seagai "gambaran stagnasi pendidikan."

"Kita harus berinvestasi di pendidikan dasar, meningkatkan standar akademis, membuat biaya kuliah terjangkai, dan merekrut para guru papan atas," kata Duncan.

Sekitar setengah juta siswa dari 65 negara ambil bagian dalam Program for International Student Assessment (PISA) 2012, yang dikoordinasikan oleh lembaga Organization for Economic Cooperation and Development (OECD). Meskipun sebagian peserta dan hasilnya dipilah dalam kategori negara, Tiongkok memilahnya per kota.

Ujian ini berlangsung tiga tahun sekali bagi siswa umur 15 tahun untuk mengetahui bagaimana para siswa memanfaatkan apa yang telah mereka pelajari di dalam dan di luar sekolah dalam memecahkan suatu masalah.

Nilai yang diraih AS tidak berubah banyak sejak ujian ini dimulai pada 2000, bahkan ketika negara-negara seperti Irlandia dan Polandia menunjukkan kemajuan pesat dan melampaui AS. (viz)
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini