Stok BBM Di Aceh Selama Liburan Cukup

Banda Aceh, 23/12 (Antara) - PT Pertamina menjamin stok bahan bakar minyak (BBM) dan non-BBM di Provinsi Aceh mencukupi untuk memenuhi kebutuhan konsumen hingga menjelang tahun baru 2014.

"Pertamina telah mengambil langkah-langkah persiapan guna mengantisipasi timbulnya lonjakan pemakaian BBM dan non BBM, sehingga selama liburan Natal dan Tahun Baru permintaan konsumen bisa terpenuhi," kata Marketing Branch Manager PT Pertamina Aceh Aribawa di Banda Aceh, Senin.

Ia menyatakan, berdasarkan evaluasi dari tahun ke tahun, ada kecendrungan peningkatan kebutuhan BBM seperti elpiji untuk sektor rumah tangga, premium, pertamax, Pertamina Dex dan solar untuk transportasi darat, serta avtur untuk sektor penerbangan.

Aribawa yang didampingi wakilnya Fachrizal Imaduddin menyatakan, untuk memenuhi kebutuhan BBM selama liburan akhir tahun itu, pihaknya menyediakan stok di atas 10 persen dari kebutuhan normal.

Disebutkan, kebutuhan normal di Aceh untuk premium rata-rata 1.500 kilo liter/hari, solar 800 kilo liter, pertamax 9 kilo liter, dan minyak tanah 20 kilo liter/hari.

Ia menyatakan, untuk mengantisipasi lonjakan permintaan BBM, Pertamina melaksanakan langkah-langkah strategis antara lain, membentuk tim Satuan tugas atau Posko pemantauan distribusi BBM dan non BBM mulai 22 Desember 2013 hingga 8 Januari 2014.

Tim tersebut bertugas memonitor persediaan BBM dan non BBM, baik jenis premium, solar, dan pertamax di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), minyak tanah di pangkalan wilayah non-konversi, LPG 3 Kg di pangkalan wilayah konversi, LPG 12 Kg di agen dan sub-agen.

"Alhamdulillah, sampai saat ini pendistribusian BBM dan non BBM, jenis premium, solar, dan pertamax di SPBU berjalan lancar, sehingga tidak terjadi kelangkaan," katanya.

"Untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, Pertamina juga menyediakan persediaan elpiji di SPBU-SPBU, sehingga sewaktu-waktu membutuhkan gas pada saat lebaran bisa terpenuhi," ujarnya.

Pertamina juga menyiapkan build up stok BBM di jalur lintas dan lokasi wisata dan menyiapkan BBK kemasan untuk SPBU yang menjual BBK dan mendistribusikan Pertamina Dex kemasan di seluruh kabupaten dan kota dan dex curah di SPBU.

Kemudian, SPBU yang berada di ruas jalan protokol dan strategis dibuka lebih lama dari hari biasanya, bahkan ada yang tetap dibuka 24 jam.

Pertamina juga menyiagakan truk angkutan BBM dalam jumlah yang cukup dan siap beroperasi ketika dibutuhkan.

Pertamina juga membentuk SPBU kantong atau truk tangki yang berisi BBM untuk membantu pendistribusian di daerah-daerah yang jauh dari depot dan kerap mengalami krisis BBM.

Ia menyatakan, pada prinsipnya Pertamina bisa memastikan persediaan BBM dan elpiji di Aceh selama liburan akhir tahun aman dan mencukupi.
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini