Taklukan Malaysia, timnas Indonesia melaju ke final

Jakarta (ANTARA) - Timnas U-23 Indonesia melaju ke final sepakbola putra SEA Games 2013 Myanmar setelah memenangi duel klasik atas tim Malaysia melalui drama adu penalti.

Indonesia menang 4-3 pada drama adu penalti berkat cemerlangnya penampilan Kurnia Meiga yang berhasil menangkap dua tendangan pemain Malaysia, Thamil Arassu dan Syahrul Saad.

Gol untuk timnas U-23 Indonesia dicetak olah Bayu Gatra di menit ke-30 memanfaatkan umpan satu-dua yang dilakukan Fandi Eko Utomo. Sementara gol untuk Malaysia dibukukan oleh Thamil Arassu pada enam menit menjelang laga berakhir.

Selain Bayu Gatra, Yandi Sofyan juga tampil apik dengan beberapa kali merepotkan penjaga gawang Malaysia. Yandi Sofyan nyaris mencetak gol pada menit ke-24, 27 dan 60, sayang bola sontekannya melebar.

Timnas Indonesia menguasai jalannya babak pertama dengan sering merangsek ke sisi pertahanan Malaysia melalui sisi sayap namun pada babak kedua Malaysia mencoba untuk menguasai pertandingan.

Pada menit ke-71 tendangan keras dari pemain Malaysia nyaris menyamakan kedudukan, namun Kurnia Meiga tampil gemilang dengan menepisnya.

Empat menit kemudian Rozaimi kembali membahayakan gawang Indonesia, beruntung Kurnia Meiga dengan sigap ke luar dari gawang untuk menjemput bola.

Menit ke-80 Sarvindran nyaris membuat gol dari dalam kotak penalti Indonesia, beruntung bola tendangannya mengarah ke pelukan Kurnia Meiga.

Unggul 1-0 ternyata tidak membuat Rahmad Darmawan bermain bertahan, hal itu ditunjukan dengan mengganti gelandang serang, Ramdani Lestaluhu dengan penyerang lincah, Andik Vermansyah di menit ke-78.

Pada menit ke 84 Malaysia bermain dengan empat penyerang. Strategi ini  langsung bekerja karena satu menit kemudian Thamil Arassu berhasil menyamakan kedudukan, 1-1.

Menit 89 umpan Bayu Gatra kepada Andik nyaris mengunci kemenangan untuk Indonesia, sayang masih melebar.

Hingga 90 menit pertandingan kedudukan imbang tidak berubah sehingga pertandingan dilanjutan ke babak tambahan.

Pada 2x15 menit perpanjangan waktu, kedua tim melakukan jual beli serangan namun tidak ada gol yang tercipta sehingga pertandingan dilanjutkan dengan adu tendangan penalti.

Pada babak adu penalti Kurnia Meiga berhasil menepis tembakan dua penendang pertama untuk Malaysia, Thamil Arassu dan Syahrul Saad. Sementara penjaga gawang Malaysia, Izham Tharmizi tidak berhasil menepis satu tendangan pun hanya penendang ketiga Indonesia, Manahati Lestusen, yang tembakannya meleset. 

Di final Indonesia akan bertemu dengan pemenang antara laga semi final lainnya yang mempertemukan antara Singapura dan Thailand.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2013
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini