Terlalu banyak berfoto bikin orang pelupa

Jakarta (Antara) - Berhati-hatilah bagi orang yang terbiasa mengabadikan segala kejadian dengan kamera karena terlalu banyak berfoto dapat membuat orang menjadi pelupa.

Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Psychological Science menemukan bahwa terlalu banyak mengambil foto dapat mencegah kita mengingat hal-hal detil.

Bisa jadi, kita justru melewatkan apa yang ada di hadapan kita. Para ilmuwan mengarahkan sekelompok murid sekolah di museum dan meminta mereka untuk mengambil foto atau mengingat salah satu karya seni dan sejarah di tempat itu.

Saat ingatan mereka dites keesokan harinya, terungkap hasil bahwa mereka lebih sulit mengenali benda yang mereka foto.

Mereka juga kesulitan mengingat detil dari objek tersebut.

Dr Linda Henkel dari Fairfield University di Connecticut yang bergabung dalam penelitian itu mengatakan, saat orang bergantung pada teknologi untuk mengingat suatu objek, bisa jadi itu memberikan efek negatif pada kemampuannya dalam mengingat kejadian yang dialaminya.

Studi sebelumnya membuktikan bahwa meninjau foto-foto lama dapat membantu mengingat, namun itu hanya terjadi jika kita melakukannya dalam waktu lama.

"Untuk mengingat, kita harus berinteraksi dengan foto ketimbang hanya menumpuknya," kata Dr Henkel seperti dikutip dari Daily Mail.

Penerjemah: Nanien Yuniar

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2013
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini