Benda Diduga Bom dan Pelontar Roket Ditemukan Warga di Aceh



Aceh - Warga di Aceh menemukan sebuah benda yang diduga bom dan jenis pelontar roket yang masih aktif di dua lokasi terpisah di Aceh. Saat ini barang terbukti tersebut sudah diamankan oleh kepolisian setempat.

Informasi yang dihimpun detikcom menyebutkan, benda peledak diduga bom rakitan tersebut ditemukan oleh seorang nelayan bernama Zulkarnain sekitar pukul 08.30 WIB, Minggu (19/1/2014) di bawah jembatan kilometer 5 Kuala Langsa, Kota Langsa, Aceh.

Bahan peledak itu ditemukan saat nelayan tersebut sedang membuang air di dalam boatnya. Kemudian nelayan itu melihat didalam air ada sebuah tali berwarna kuning yang tergait dengan kabel dan besi. Sebelum diserahkan ke polisi, benda itu sempat dibanting oleh anaknya bernama Ridwan, namun beruntung benda itu tidak meledak.

Wadanki Brimob Subden II Den B Pelopor Langsa, Ipda Nurdin, membenarkan adanya penyerahan barang bukti yang diduga bom oleh Zulkarnain dan Ridwan.

"Terima kasih kepada warga yang menemukannya dan menyerahkannya kepada polisi. Bahan peledak diperkirakan aktif ini sudah kami amankan untuk penyelidikan lebih lanjut," Kata Wadanki Brimob Subden II Den B Pelopor Langsa, Ipda Nurdin.

Sementara itu, di Kabupaten Aceh Barat dilaporkan, seorang warga bernama M Yahya menemukan sebuah benda peledak jenis pelontar roket. Pelontar itu ditemukan warga sekitar pukul 17.00 WIB, Minggu (19/1) di pesisir Pantai Ujung Karang, Desa Suak Indra Puri, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat.

Wakapolsek Johan Pahlawan, Ipda Slamet mengatakan, saat itu sebuah alat berat jenis beko sedang menggali pasir di pesisir pantai itu, saat digali tiba-tiba Yahya melihat benda yang mencurigakan sejenis bom.

"Saat itu warga langsung melaporkan ke polisi dan langsung kami amankan. Diduga pelontar roket yang masih aktif itu sisa peninggalan konflik maupun dibawa oleh arus musibah tsunami Aceh pada 2004 lalu," kata Wakapolsek Johan Pahlawan, Ipda Slamet.

Saat ini kedua benda peledak tersebut sudah diamankan oleh tim jibom Aceh.



Ikuti berbagai informasi menarik hari ini di "Reportase Sore" Trans TV pukul 16.30 WIB

(jor/rni)

Feri Fernandes - detikNews
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini