Kontes Adu Balam Ajang Silaturahmi Pecinta Burang Balam



Aceh Utara-Acehinfo.com. Kelompok pecinta burung balam ranub lampuan, Gampong Paloh Lada, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Setiap hari Minggu menguji balam dengan cara di adu. Setiap pecinta burung balam kelompok itu membawa dua sampai tiga ekor burungnya untuk dites.
Zakaria ketua kelompok balam ranub lampuan Paloh Lada, Minggu 12 Januari 2014 kepada Aceh info mengatakan, anggota kelompoknya berjumlah 35 orang. Sejak tahun 1983 kelompoknya itu sudah terbentuk.
“Sebelum mengikuti kontes adu balam, kami setiap hari minggu menguji balam kami. Uji tes ini kami lakukan untuk mengetahui sejauh mana sudah kepinteran dan keberanian balam kami saat berhadapan dengan lawan,” katanya.
Kelompok ini sudah mengikuti kontes balam keberbagai daerah di Aceh, seperti Banda Aceh, Meulaboh, Aceh Timur dan Gayo Lues.
Selain Zakaria, bendahara kelompok itu Ishak Nisam mengatakan, kontes yang mereka ikuti bukan untuk taruhan. Tetapi ajang silaturahmi sesama pecinta burung balam di Aceh.
Kata Ishak lagi setiap kelompok balam di Aceh yang mengadakan kontes, maka kelompoknya diundang. “Biasanya tuan rumah yang mengadakan kontes menyembelih sapi dalam menyambut kedatang para pecinta balam pada kontes itu,” ujarnya.
Tempat adu balam itu disebut dengan geulanggang yang dibuat seperti gubuk yang berdinding jaring. Sementara balam beradu diatas ditikar yang digelar di dalam geulanggang itu.
“Adu balam berlangsung 5-7 menit. Setiap balam yang menang dalam kontes yang diselenggarakan maka, pecinta balam lain akan membeli balam itu dengan harga tinggi,” sebutnya.
Harga bisa mencapai Rp2-Rp3 juta, namun bila balam biasa bukan super yang belum pernah menang dalam kontes paling dihargai Rp 300 ribu saja.(Mi)
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini