Perkebunan Bakal Ikut Nikmati Pipa Gas Arun-Belawan


JAKARTA - Proyek pembangunan pipa transmisi gas Arun-Belawan sepanjang 339 Km mendapat sambutan dari kalangan DPR RI.

Anggota Komisi VI DPR H Marzuki Daud merasa yakin, proyek yang ditargetkan selesai pada kuartal IV 2014 itu akan mempercepat program  konversi BBM ke bahan bakar gas (BBG).

Dampak ikutan dari proyek tersebut, lanjut politisi Partai Golkar itu, juga sangat luar biasa. Antara lain, jika di sepanjang pipa yang membentang dari Aceh hingga Sumut itu dibangun Stasiun Bahan Bakar Gas  (SPBG).

"Apalagi  kalau nanti di sepanjang pipa yang membentang dari Aceh ke Medan itu juga bisa dibangun SPBG, maka kehadiran infrastruktur gas ini juga bisa mempercepat program konversi BBM ke BBG, khususnya  di sektor perkebunan yang banyak tumbuh di dua wilayah tersebut. 
Itu betul bisa terjadi,” tegas Marzuki dalam keterangan persnya, kemarin.
Hingga kini pengerjaan pipa Arun-Belawan terus dikerjakan. 

Sampai dengan akhir tahun 
2013 sudah 50 persen pengerjaan pembangunan pipa tersebut. 

Pada kuartal  IV 2014  seluruh pembangunan jaringan pipa  yang menghubungkan Arun-Belawan ini bisa selesai. Untuk membangun pipa tersebut Pertagas telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 500 miliar.

Seperti diketahui, selama ini sektor perkebunan dan pertambangan selama ini dicurigai banyak menggunakan  BBM bersubsidi.  

Sementara, di wilayah Aceh dan Sumut banyak terdapat perusahaan  perkebunan kelapa sawit, karet dan kopi. Di Aceh misalnya setidaknya ada tujuh perusahaan kelapa sawit. Sementara di Sumatera Utara  ada 60 perusahaan.

Jumlah itu belum termasuk perkebunan karet, kopi  dan lain sebagainya.  
Mobil-mobil pengangkut  hasil perkebunan ke depan akan bisa segera menggunakan  BBG.

Lebih lanjut Marzuki Daud mengatakan, proyek ini juga akan bisa menghidupkan industri di Aceh dan Sumut.
"Tidak hanya seperti industri besar seperti Pupuk Iskandar Muda (PIM), tetapi juga industri kecil  dan industri rumah tangga di dua propinsi tersebut," pungkas anggota DPR asal Aceh itu. (sam/jpnn) 
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini