Puluhan Hektare Sawah Di Kuta Makmur Alami Gagal Panen

foto:ilustrasi


Lhokseumawe, 21/1(Atjeh Bisnis)- Puluhan hektare sawah di Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, dipastikan gagal panen. Hal itu disebabkan serangan hama tikus dan juga efek banjir yang melanda Aceh Utara beberapa waktu lalu.

Salah seorang petani di Gampong Meunasah Dayah, Kecamatan Kuta Makmur, Samsuir (24), mengatakan, bahwa akibat serangan tikus dan juga efek banjir tanaman padi miliknya gagal panen. Bahkan, akibat serangan tikus disaat tanaman sedang masa berbuah, yang begitu melanda. Banyak tanaman padi yang tidak bisa berproduksi dengan baik.


“ Bisa disaksikan pada tanaman padi, terlihat banyak kosong dan terasa ringan saat diangkat, karena disebabkan oleh hama tikus yang memangsa butir padi disaat sedang berbuah”, ucapnya.

Selain serangan hama tikus yang menyebabkan produksi tanaman menurun, hal lainnya adalah diakibatkan juga oleh banjir yang mengenangi areal persawahan beberapa waktu lalu. Sehingga banyak merusak tanaman padi yang sedang dalam masa pertumbuhan, terang Samsuir.

Petani ini juga mengungkapkan, bahwa selain persoalan serangan hama dan banjir yang mengakibatkan gagal panen. Hal lainnya yang sangat mempengaruhi produktivitas pertanian diwilayah itu adalah sarana irigasi yang tidak memadai. Dimana pada musim kemarau, debit air diwilayah itu sangat kurang dan tidak mampu mengaliri areal persawahan  secara optimal. (Miranda Jelita)






Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini