Di Lhokseumawe, Pasangan Menikah Ramai Bulan Rabiul Akhir



Ilustrasi
Lhokseumawe, 10/2 (Atjeh Bisnis)- Di Kota Lhokseumawe, pasangan yang melakukan pernikahan ramai pada bulan Rabiul Akhir. Ramianya yang melakukan pernikahan pada penaggalan bulan Islam tersebut, dikarenakan dianggap bulan yang baik untuk mengikat tali pernikahan.  

Berdasarkan data rekapitulasi catatan pernikahan pada Kantor Kementrian Agama Kota Lhokseumawe, menyebutkan bahwa pasangan yang menikah pada bulan dimaksud, lebih ramai dibandingkan pada bulan selain itu.

Menurut Penyelenggara Syariah Kankemenag Kota Lhokseumawe Hj.Misnah, kepada Atjeh Bisnis, Selasa mengatakan, bahwa berdasarkan data tahun lalu, umumnya pasangan yang melakukan pernikahan pada bulan Rabiul Akhir atau menjelang masuknya bulan Ramadhan.

Dimana pada bulan dimaksud, dianggap dan dipandang baik oleh masyarakat untuk melakukan pernikahan. Sehingga tidak mengherankan jika banyak yang melangsungkan pernikahan pada bulan tersebut.

Lebih lanjut Misnah mengatakan, sementara dalam penanggalan bulan Islam yang sangat minim melakukan pernikahan Islam di Kota Lhokseumawe adalah antara bulan Syawal ke Zulhijjah atau antara hari raya Idul Fitri ke Idul Adha.

Sementara itu, data pernikahan pada Kankemenag Kota Lhokseumawe menyebutkan, pada tahun 2014, jumlah pasangan yang melakukan pernikahan berjumlah 1.245. diantaranya, Kecamatan Banda Sakti 467, Muara Dua 341, Muara Satu 243 dan Kecamatan Blang Mangat berjumlah 194.


Sedangkan usia pasangan yang melakukan pernikahan, umumnya usia produktif antara usia 18 hingga 30 tahun. Dengan tingkat pendidikan rata-rata SMA sederajat. (muchlis)
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini