FEATURES: Menikmati Pesona Pantai Lancok Bayu, Aceh Utara

Laporan: Haris Molana Sikumbang
foto: Haris Molana Sikumbang

Ramai Pengunjung Pada Akhir Pekan

Semilir hembusan angin, menyibak daun nyiur yang melambai-lambai. Deburan manja ombak dipantai pecah merekah, bagai nyanyian syahdu yang tiada hentinya. Seluas pandangan hanya kebiruan yang tampak dimata, setitik demi setitik perahu nelayan mengapung mencari ikan.

Melangkah dipasir yang lembut, kaki bagaikan dimanja. Kepiting-kepiting kecil yang nakal terus berlari, kala jilatan pecahan ombak membelai pasir pantai yang lembut.  

Itulah pesona Pantai Lancok.  Sebuah kawasan bahari yang terletak Gampong Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara. Pantai yang merupakan bagian dari pinggiran Selat Melaka itu, terasa sangat menghipnotis pengunjungnya.

Maka tidaklah mengherankan, pantai yang pernah dihantam gelombang Tsunami 2006 lalu, ramai dikunjungi warga, terutama diakhir pekan atau hari-hari libur lainnya.

“Saya sudah  beberapa kali ke pantai ini, pantainya yang bersih terlihat dengan air laut yang jernih, terasa betah saja.  Pokoknya nyaman disini dan terasa tenang makanya memilih berkunjung kemari, pondoknya pun bersih” ungkap Reni (25), pengunjung dari Lhoksukon.

Apalagi, disepanjang bibir  pantai, banyak terdapat Jamboe (pondok atau tempat berteduh-red), yang memang disediakan oleh masyarakat setempat sebagai sarana tambahan berjualan, agar pengunjung lebih betah. Beragam jenis  kuliner yang disajikan oleh pedagang semakin memanjakan lidah para pengunjung.

Bukan itu saja, disepanjang pantai Lancok, juga tersedia Mie Aceh plus kepiting bahkan Tom Yam juga ada. Sedangkan minumannya, sudah tentu khas pantai. Yaitu, kelapa muda yang diberi es dan tambahan jeruk nipis yang dapat disedot langsung dari buahnya.

Syakur, salah seorang pedagang dipantai tersebut mengatakan, pengunjung banyak datang pada akhir pekan dan hari libur. Baik secara perorangan maupun berkelompok.

Khusus pada hari Sabtu dan  Minggu,  pengunjung  harus merogoh kocek terlebih dahulu, untuk biaya parkir. Untuk jenis sepeda motor cukup membayar Rp 2.000 per unitnya dan  untuk kendaraan roda empat sebesar Rp 5.000 per kendaraan.
Selain dapat menikmati keindahan pantai, pengunjung juga dapat memancing ditanggul penahan ombak yang ada disebagian pesisir pantai tersebut.

Untuk menuju pantai lancok,  dari jalan negara Medan-Banda Aceh, dapat dilalui melalui jalan depan Kantor Camat Syamtalira Bayu. Mma Kilometer, maka akan dengan mudah ditemui Pantai Lancok. (*)


Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini