Hama Pipit Serang Padi Di Kuta Makmur Petani Terancam Rugi


 
Foto: Fachrul Reza
Aceh Utara, 24/2 (Atjeh Bisnis)- Petani padi di Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, mengeluh akibat serangan hama burung pipit yang melanda kawasan pertanian sawah didaerah itu dalam beberapa bulan terakhir.

Serangan hama burung tersebut, tidak hanya terjadi pada saat musim padi berbuah saja, melainkan sejak masa persemaian benih juga tak luput dari serangan pemakan biji-bijian padi itu.

Basyir, salah seorang petani padi di Gampong Buket, menyebutkan, populasi burung pipit semakin banyak dalam beberapa bulan terakhir dan membuat petani kewalahan dalam menghadapinya, sehingga terpaksa menjaga sawahnya dengan cara menghalau agar tidak menganggu tanaman yang sedang berbuah.

Petani dikawasan tersebut, mengunakan untaian tali yang diberi kaleng agar dapat menghasilkan bunyi, disaat kawanan burung pipit hendak turun memakan biji-bijian padi,ungkapnya.

Disebutkan olehnya pula, gencarnya serangan hama burung pipit kemungkinan besar disebabkan oleh tidak serentaknya masa penanaman dikawasan tersebut. Sehingga kawasan lahan persawahan yang sedang berbuah menjadi sasaran empuk hama burung dimaksud.

Selain serangan hama burung pipit, dikawasan tersebut juga diserang oleh hama tikus pada malam hari. Jika kondisi tersebut terus berlarut, kemungkinan besar petani akan gagal panen, unhkap petani itu. (Miranda Djelita)




Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini