Harga Telur Ayam Mulai Turun Di Lhokseumawe


Lhokseumawe, 11/2 (Atjeh Bisnis)- Harga telur ayam broiler mulai turun di Kota Lhokseumawe. Penurunan harga salah satu kebutuhan tersebut, sudah terjadi dalam sepekan terakhir, setelah sempat melonjak tinggi yang bertahan hingga sebulan lamanya.

Heri, salah seorang pedagang telur di Lhokseumawe, mengatakan, alasan utama terjadinya penurunan harga telur ayam broiler dimaksud, karena pasokan telur dari sentra produksi telur ayam broiler sudah lancar kembali daripada sebelumnya. Sehingga dengan kondisi demikian, harga telur ayam broiler yang sempat melambung mulai turun.

Sebelumnya harga telur perbutir yang dijual secara eceran oleh pedagang grosir sebesar Rp 1.200, kini dapat dijual dengan harga Rp 1000/butir.

Diperkirakan oleh pedagang tersebut, kemungkinan harga telur ayam broiler akan turun lagi dari harga yang ada. karena, kondisi harga telur sangat tergantung dari banyaknya pasokan. Sementara untuk kebutuhan masyarakat tetap normal tidak ada lonjakan. Kecuali jika harga ikan segar mahal atau memasuki hari-hari besar keagamaan.

Disebutkan oleh pedagang itu,  pasokan telur ayam Broiler untuk pasar dalam wilayah Lhokseumawe banyak didatangkan dari Sumatera Utara. Kebutuhan telur dari yang dipasok dari provinsi tetangga tersebut sangat besar. Sehingga apabila, pasokan telur berkurang atau terhambat dari Sumatera Utara, berefek pada melonjaknya harga telur ayam Broiler di pasar lokal, ungkapnya.


Sementara usaha budidaya ayam petelur di tingkat lokal, sendiri masih sangat berkurang. Begitu juga dengan produksinya sangat terbatas sekali jumlahnya, sehingga tidak mampu mencukupi kebutuhan pasar yang tinggi. (muchlis)
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini