Kerapu Macan Unggulan Budidaya Perikanan Lhokseumawe


Ilustrasi
Lhokseumawe, 11/2 (Atjeh Bisnis)- Ikan kerapu jenis macan menjadi produk unggulan budidaya perikanan di Kota Lhokseumawe. Jenis iiskan  dimaksud, berkembang sangat baik di perairan sungai di Lhokseumawe dan memiliki prospek pasar yang baik diluar daerah.

Kepala Dinas Kelautan Perikanan Peternakan dan Pertanian Kota Lhokseumawe, Rizal, Rabu, kepada Atjeh Bisnis mengatakan, dari berbagai jenis ikan budidaya sungai air asin dan air payau yang dilakukan oleh petani. Jenis ikan kerapu terutama kerapu macan, merupakan jenis ikan yang berpeluang besar untuk terus dikembangkan.

Hal itu disebabkan karena jenis ikan tersebut, di Lhokseumawe memiliki kecocokan pengembangan budidayanya. Llingkungan aliran sungai diwilayah Lhokseumawe, merupakan lokasi yang sangat mendukung budidaya jenis ikan dimaksud.

“Dimana, kondisi dan tingkat keasinan air pada aliran seperti Krueng Cunda yang cocok dan airnya selalu berganti karena dua terhubung dengan dua muara, sangat baik untuk pengembangan ikan ini,” ungkap Rizal.

Lanjutnya, oleh karena berbagai faktor pendukung tersebut, maka tidaklah mengherankan jika ikan kerapu jenis dimaksud, banyak dibudidayakan oleh petani pada keramba di aliran Krueng Cunda. Apalagi harga kedua jenis ikan itu harganya sangat bersaing dipasaran dan merupakan ikan yang memiliki nilai ekspor.

Disebutkan oleh Rizal, setiap minggunya, sebanyak satu Ton ikan kerapu macan asal Kota Lhokseumawe di bawa keluar Aceh,  dengan tujuan Kota Medan Sumatera Utara. Disana ada penampung yang bisa juga untuk diekspor.

Mengingat besarnya potensi yang dimiliki oleh Kota Lhokseumawe terhadap budidaya jenis ikan dimaksud, serta memiliki prospek pasar yang bagus sebagai upaya meningkatkan produk perikanan dan ekonomi masyarakat. pihaknya sangat mengharapkan kepada kementerian terkait dan berbagai pihak untuk dapat membantu tujuan dimaksud, ujar Kadis DKPP Kota Lhokseumawe.(muchlis)    



Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini