Kodim 0103/Aut Temukan 13 Hektar Ladang Ganja

Dandim 0103 Aceh Utara Letkol Inf. Iwan Rosandriyanto, memimpin anggotanya saat menemukan ladang ganja seluas 13 Hektar di Desa Alue Garot, Kecamatan Sawang, Aceh Utara, Selasa (10/2). (Foto: Bambang Iskandar)


Aceh Utara, 10/2 (Atjeh Bisnis)- Jajaran Kodim 0103/Aceh Utara menemukan ladang ganja siap panen, seluas 13 Hektar di Gampong Alue Garot, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, Selasa.

Ladang ganja yang tersebar pada 4 hingga 5 titik itu, diperkirakan mencapai 6.000 batang tersebut, langsung dimusnahkan di lokasi penemuan,  yang pimpin oleh Komandan Kodim 0103/Aut, Letkol Inf Iwan Rosandriyanto SIP. Sedangkan sebanyak 100 batang dibawa ke Makodim 0103/Aut sebagai barang bukti.

Komandan Kodim 0103/Aut, Letkol Inf Iwan Rosandriyanto SIP yang didampingi Pasi Intel, Lettu R Siregar dan Pasi Ops, Kapten Ikhwan, usai melakukan pemusnahan ladang ganja kepada wartawan mengatakan, bahwa penemuan ladang ganja dimaksud, berdasarkan informasi masyarakat kepada pihaknya, bahwa di sekitar Gampong Alue Garot, Kec. Sawang, Aceh Utara ada ladang ganja.

“Penemuan ini berawal dari informasi masyarakat yang mengatakan bahwa di sekitar desa Alue Garot, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara banyak ladang ganja,” ujar Dandim.

Laporan tersebut langsung ditindaklanjuti. Sekitar pukul 07.00 Wib pada Selasa pagi, pihaknya langsung bergerak menuju ke lokasi yang memiliki jarak tempuh sekitar 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan. Lalu ditempuh lagi dengan 1 jam perjalanan dengan berjalan kaki diantara medan berbukit dan licin dari jalan kecamatan setempat.

Setibanya di ladang ganja sebagaimana dilaporkan masyarakat, pihaknya langsung menemukan beberapa gubuk milik petani ganja yang telah kosong ditinggal penghuninya.

“Ini merupakan lokasi ladang ganja yang baru yang berjarak 6 kilometer dari ladang ganja yang kita temukan pada 29 Desember 2014 lalu. Rata-rata tingginya pohon ganja itu antara 150-200 cm dan diperkirakan dalam waktu satu minggu kedepan sudah siap panen,” ujar Dandim 0103/Aut.

Ditambahkan Dandim 0103/Aut, penemuan ladang ganja ini sebelumnya sudah kita koordinasikan ke Kapolres Lhokseumawe. Pihak Polres Lhokseumawe saat ini sedang dalam perjalanan menuju ke lokasi.


“Keberanian masyarakat melaporkan adanya ladang ganja itu patut kita apresiasikan. Hal ini tidak terlepas dari program ketahanan pangan yang kita lakukan di desa-desa melalui Koramil yang ada dengan beralih ke tanaman tanaman produktif yang bernilai ekonomis dengan tidak melanggar undang-undang yang ada,” pungkas Dandim 0103 Aceh Utara itu. (Bambang Iskandar)
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini