Komoditi Pangan Di Lhokseumawe Didominasi Padi dan Ubi Kayu


Ilustrasi
Lhokseumawe, 12/2 (Atjeh Bisnis)- Komoditi pangan di Kota Lhokseumawe, didominasi oleh padi dan ubi kayu. Dominannya dua jenis komoditi pangan dimaksud, disebabkan oleh berbagai faktor dan alasan pendukungnya.

Berdasarkan data survey dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Lhokseumawe menyebutkan, untuk berbagai jenis komoditi pangan yang dilakukan survey, hanya ada dua jenis makanan pangan yang  mendominasinya. Yaitu padi dan ubi kayu.

“ Hanya dua jenis komoditi tersebut, yang dikembangkan oleh masyarakat di Kota Lhokseumawe, saat kita melakukan Survey Ubinan Tanaman Pangan per empat bulan sekali,” ungkap Kasi Statistik Produksi BPS Kota Lhokseumawe ,Fitri Aswin kepada Atjeh Bisnis, Kamis.

Tambahnya, alasan dominannya dua jenis komoditi dimaksud, dikarenakan mudahnya perawatan dan memiliki jaringan pasar yang baik.  Sehingga dua jenis tanaman pangan itu, banyak dikembangkan  oleh masyarakat di wilayah Lhokseumawe.

Sementara untuk tanaman yang masuk dalam katogeri tanaman pangan lainnya seperti, jagung, kedelai, kacang tanah dan ubi jalar. Ada ditanami oleh petani, namun tidak sampai kepada tahap panen tua. Umumnya, jenis-jenis tanaman dimaksud, banyak dipanen muda sehingga tidak termasuk dalam survey ubinan pihaknya, ujar Fitri.

Disebutkan oleh Fitri lagi, sentra pertanian padi di wilayah Kota Lhokseumawe terdapat di Kecamatan Blang Mangat. Sedangkan untuk tanaman ubi kayu terdapat di Kecamatan Muara Satu, yang banyak ditanami pada lahan berbukit.

Untuk jenis ubi kayu sendiri, berdasarkan wawancara pihak BPS dengan petani di Kecamatan Muara Satu, disebutkan bahwa ubi kayu memiliki pasar yang bagus serta ada yang menampungnya sehingga masyarakat mau bercocok tanam tanaman tersebut, terang Fitri. (Muchlis)


Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini