Lhokseumawe Kembangkan Tanaman Lada


Kadis DKPP KOta Lhokseumawe M.Rizal, menyerahkan bantuan mesin air kepada warga Blang Panyang untuk kebutuhan tanaman lada. (foto Humas Kota Lhokseumawe)
Lhokseumawe, 19/2 (Atjeh Bisnis)- Kota Lhokseumawe akan mengembangkan tanaman lada. Pengembangan tanaman komoditi pasar tersebut, ditandai dengan pananaman perdana  tanaman lada yang dilakukan di Gampong Blang Panyang, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe, Selasa kemarin.

Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Pertanian Kota Lhokseumawe M.Rizal, mengatakan, bahwa komoditas Lada hingga saat ini masih memegang peranan penting dalam sektor perkebunan. berbagai hasilnya pun dibutuhkan untuk berbagai kebutuhan. Baik industri kuliner, farmasi dan lain sebagainya.

Apalagi, Aceh pernah mengalami masa kejayaan dengan komoditas ladanya. Akan tetapi mengalami masa sulit hingga berdampak menurunnya produktivitas lada itu sendiri. Akibanya, banyak petani yang tidak mau merawat tanamannya lagi. Bahkan banyak petani yang beralih kepada komoditi lain yan dianggap lebih menguntungkan. Namun, seiring meningkatnya harga lada dalam beberapa tahun terakhir, petani kembali berminat untuk menanam lada, terang Rizal.

Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan produktivitas jenis komoditi ini kembali, sebagai bentuk dukungan. Pihaknya memberikan dukungan kepada para petani dengan memberikan bibit lada dan peralatan mesin penunjang.  

“Kita berharap produktivitas dan produksi Lada di Lhokseumawe mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para petani Lada,” ujar Rizal.

Selain daripada itu, upaya tersebut juga dimaksudkan untuk menjadikan Kota Lhokseumawe sebagai pusat pengembangan sekaligus icon Lada di Aceh untuk masa mendatang. Sehingga dapat terwujudnya kejayaan komoditi Lada di Aceh, pungkas Rizal. (Rahmat Mirza)


Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini