Pemko Lhokseumawe Akan Gelar Maulid Akbar


Masyarakat menikmati makanan pada maulid akbar pada tahun 2014 lalu. (foto dokumen-Muchlis Gurdhum)
Lhokseumawe, 10/2 (Atjeh Bisnis)- Pemerintah Kota Lhokseumawe, akan menggelar peringatan Maulid Akbar 1436 H. Peringatan kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW tersebut, direncanakan akan dilakukan pada 16 Februari mendatang yang akan berlangsung di Masjid Agung Islamic Centre Lhokseumawe.

Walikota Lhokseumawe Suaidi Yahya, yang didampingi oleh Kadis Syariat Islam Zulkifli, kepada Atjeh Bisnis, Selasa mengatakan, perayaan peringatan maulid dimaksud mendatang nantinya akan dilakukan secara tradisional sebagaimana budaya peringatan maulid di Aceh.

Kepada tiap SKPD yang ada dijajaran Pemko Lhokseumawe, akan menyediakan hidangan makanan yang dibawa dengan Daloeng (tempat khusus berisi yang makanan dan lauk pauk yang berbentuk silinder).    Tidak hanya kepada instansi pemerintah daerah saja yang akan meramaikan hidangan kenduri maulid nantinya, instansi vertikal dan BUMN yang ada di wilayah Lhokseumawe  juga akan membawa hidangan makanan tersebut.

“Nantinya, hidangan makanan tersebut, akan dinikmati bersama-sama oleh masyarakat dan undangan pada saat pelaksanaan perayaan maulid di Islamic Centre Lhokseumawe,” ujar Walikota.

Lebih lanjut dikatakan olehnya, pada peringatan maulid nantinya juga akan dilakukan zikir dan barzanzi yang akan dilakukan oleh empat grup dari empat kecamatan yang ada dalam wilayah Kota Lhokseumawe. Sementara pada malam harinya akan dilakukan ceramah maulid yang akan disampaikan oleh Tgk.Sri Darmawan dari Aceh Besar.

Diperkirakan, jumlah pengunjung pada peringatan maulid tersebut sebanyak 15 Ribu pengunjung masyarakat termasuk sebanyak Lima Ribu anak yatim yang ada di Kota Lhokseumawe.

Oleh karena itu, diharapkan kepada masyarakat, dapat bersama-sama menghadiri peringatan maulid akbar tersebut serta dapat mengambil hikmah dari bulan kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW, untuk dapat meneladani sikap dan perbuatan Nabi dalam kehidupan sehari-hari.


Sebagaimana peringatan maulid akbar tahun lalu di Kota Lhokseumawe, ribuan masyarakat berjubel mendatangi arena Islamic Centre dan dipersilahkan menyantap makanan yang disediakan oleh panitia. Begitu juga dengan menu makanan yang ada, umumnya menu tradisional ciri khas kenduri maulid. (muchlis)
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini