Tangkapan Lancar, Harga Ikan Segar Di Lhokseumawe Stabil


nelayan di pantai Pusong Lhokseumawe, sedang membenarkan jaring untuk ditaburkan disekitar bibir pantai. Beberapa pekan terakhir hasil tangkapan nelayan lancar seperti biasanya yang berfek pada stabilnya harga ikan segar di Lhokseumawe. (Foto : Rahmat Mirza)
Lhokseumawe, 29/1 (Atjeh Bisnis)- Lancarnya hasil tangkapan nelayan dalam beberapa pekan terakhir, membuat harga ikan segar di Kota Lhokseumawe,  relatif stabil. Lancarnya hasil tangkapan nelayan yang berakibat pada stabilnya harga ikan tersebut, tidak terlepas dari pengaruh cuaca yang baik selama ini.

Salah seorang pedagang ikan segar di pusat pasar ikan Pusong Lhokseumawe, Coy (36), kepada Atjeh Bisnis  mengatakan, stabilnya harga ikan segar di Lhokseumawe, selain lebih disebabkan karena hasil tangkapan nelayan yang stabil, juga didukung oleh cuaca yang sangat bersahabat bagia nelayan dilaut.

“Karena apabila cuaca buruk, maka nelayan akan sulit melaut dan hal tersebut mempengaruhi harga ikan yang tinggi karena sulitnya mendapat ikan,” ungkapnya.

Seperti dikatakan olehnya lagi, jika hasil tangkapan nelayan sedang banyaknya dan musim ikan tertentu, maka komoditi ikan segar akan banyak dan membanjiri pasar. Harganya juga akan anjlok.

“Jika hasil tangkapan nelayan banyak, maka harganya juga akan anjlok. Kondisi itu sering terjadi di Lhokseumawe. Namun, sudah sepekan ini, hasil tangkapan dan pasokan ikan stabil jumlahnya,” terang pedagang ikan itu lagi.

Begitu juga, apabila kondisi pasokan nelayan setempat stabil, maka pedagang ikan tidak perlu memasok ikan dari luar Kota Lhokseumawe, yang membuat harganya melejit tinggi apabila didatangkan dari luar Lhokseumawe.

Pedagang ikan itu juga menjelaskan, mengenai harga ikan segar saat ini, seperti  untuk jenis ikan tongkol harganya Rp25.000/ Kg, ikan Rambee antara Rp 40.000 hingga Rp45.000/Kg dan Cumi-cumi Rp30.000/Kgnya.


Sebagaimana diketahui, untuk kebutuhan ikan segar dan harganya di Kota Lhokseumawe tidak terlalu menjadi masalah. Karena kebutuhan ikan segar di Lhokseumawe mampu dicukupi oleh nelayan lokal. sebagiannya dipasarkan untuk kebutuhan lokal dan sebagian lainnya dipasok ke daerah lain. Seperti ke Bener Meriah dan Aceh Tengah serta ke beberapa daerah lainnya.(Rahmat Mirza)    
Share on Google Plus
    Blogger Comment
    Facebook Comment

Tentang Kami | Privacy Policy | TOS | Disclaimer | Site Map | Advertise | Copyright © 2017. Acehinfo.com - Berita Aceh Terkini